Poufe, Makanan Khas Binongko: Sipahit yang Menyehatkan

Khafifa Alqut
0


Teman dari timur, membagikan postingan ini kepada anda:

Poufe sebagai salah satu makanan khas tradisional di pulau Binongko dikenal sebagai salat satu makanan yang menyehatkan. Hal ini didapat dari kandungan poufe yang memiliki nilai gizi dan nutrisi tinggi. Poufe juga ternyata dapat mengobati berbagai macam penyakit. Poufe adalah makanan khas tradisional pulau Binongko yang perlu di lestarikan


Poufe adalah salah satu makanan khas di Pulau Binongko Wakatobi Sulawesi Tenggara yang memiliki rasa yang mungkin jauh berbeda dengan rasa makanan lainnya. Tetapi, mengkonsumsi makanan Poufe juga anda bisa merasakan khasiatnya sebagai makanan yang menyehatkan.


Poufe juga menjadi salah satu makanan khas tradisional pulau Binongko yang mungkin jarang dikenal terutama di generasi saat ini. Karena menu ini jarang sekali dibuat, sebab rasanya yang pahit membuatnya tidak menjadi menu andalan yang selalu ada setiap hari seperti Kasoami dan lainnya.


Tapi, peran Poufe sebagai makanan yang menyehatkan juga membuatnya tidak pernah disepelekan. Misalnya dalam sekali waktu, beberapa dari ibu Binongko akan membuatnya untuk memulihkan kondisi tubuh dari rasa lelah. Rasanya yang unik juga menjadi ciri khas dari Poufe, meski pahit tetapi tetap banyak digemari.



Mengenal Poufe Sebagai Makanan Tradisional Pulau Binongko



Jika tau khasiatnya, Poufe mungkin akan masuk dalam list makanan yang kalian sukai. Meski pahit, tapi itulah ciri khasnya. Dari bahan yang digunakan untuk membuat Poufe terdapat banyak kandungan yang ternyata baik bagi kesehatan tubuh dan dapat membunuh berbagai macam penyakit.

Poufe adalah salah satu makanan khas Tradisional pulau Binongko yang dikenal dengan istilah si Pahit yang menyehatkan.

Poufe ini adalah jenis lauk yang bisa dinikmati dengan nasi atau Kasoami. Untuk menyamarkan rasa pahitnya, anda bisa konsumi serta Poufe dengan menambahkan menu lauk lainnya seperti ikan bakar, ikan asin dan lainnya.


________
Baca juga: 
  1. 4 Makanan Khas Tradisional Binongko Wakatobi, Dari yang Unik Hingga Menyehatkan

Bahan Dasar Poufe Makanan Khas tradisional pulau Binongko 


Mungkin anda juga bertanya, kenapa menu Poufe sebagai makanan khas tradisional pulau Binongko ini dibilang pahit. Lalu bahan apa yang digunakan?

Nama lain dari Poufe juga biasa disebut dengan Pogollu. Poufe sebenarnya bagian dari istilah bahasa Binongko yakni dicampur-campur. Hal ini karena nanti dalam masakan ini terdapat beberapa macam bahan masakan utama yang dicampur. Hal ini bisa dilihat dari beberapa bahan yang digunakan.

Bahan dasar untuk membuat masakan tradisional pulau Binongko yakni Poufe adalah sebagai berikut:

  1. Daun kelor;
  2. Bunga Pepaya;
  3. Pepaya muda.

Itulah beberapa bahan dasar untuk memasak Poufe. Biasanya juga ditambahkan dengan "Lappa" untuk menambah cita rasa nikmatnya. Lappa adalah salah satu daun liar tetapi dapat dikonsumsi dan diketahui pula memiliki khasiat baik untuk kesehatan tubuh.



Cara Memasak Poufe

Setelah memahami bahan apa yang diperlukan untuk membuat menu Poufe, berikut ini adalah cara memasak Poufe dengan benar.

Cara memasak Poufe Sebagai Makanan Khas tradisional pulau Binongko adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, siapkan seikat daun kelor sisihkan atau pisahkan daun kelor dengan tangkainya. Termasuk tangkai kecilnya.
  2. Siapkan seikat bunga pepaya dan bersihkan, pisahkan dengan tangkainya.
  3. Siapkan satu buah pepaya muda, cuci terlebih dahulu hingga bersih. Kupas kulitnya secara acak tidak perlu sampai habis kulitnya.
  4. Cincang buah pepaya dengan pisau, lalu iris kasar. Cukup bagian luar tidak perlu sampai ke bagian biji pepaya.
  5. Panaskan air dalam panci, masak terlebih dahulu buah pepaya yang sudah dicincang, jika sudah setengah matang tambahkan bunga pepaya yang sudah disediakan,
  6. Masak sebentar lalu masukan daun kelor.
  7. Aduk sebentar dan masukan garam, micin atau penyedap rasa. Biarkan sebentar, lalu Poufe siap di sajikan.


Untuk diketahui bahwa untuk masakan tradisional di pulau Binongko seperti Poufe ini tidak perlu menggunakan banyak bumbu tambahan lainnya. Cukup garam dan micin ini saja sudah cukup membuat gurih pada masakan. 


Yang dibutuhkan lebih tepatnya pada masakan Poufe adalah keaslian rasa dari masing-masing bahan yang tidak dipengaruhi oleh banyak bumbu penyedap.


Begitupun dari masakan Poufe yang akan terasa pahit terutama bagi mereka yang baru pertama kali mencobanya. Tapi itulah ciri khas dari makanan ini. Rasa pahit tersebut di dapat dari bunga pepaya dalam bahan masakan Poufe tersebut.


________

Baca juga:

  1. Fakta Unik & Khasiat Kasoami Makanan Khas Tradisional Wakatobi: Perlu Anda Tahu!



Poufe Makanan Khas Binongko, Si Pahit yang Menyehatkan



Berbeda dari jenis makan lainnya, makanan tradisional Binongko yakni Poufe ini justru rasanya pahit. Hal ini didapat dari salah satu bahannya yakni bunga pepaya. 


Meskipun sebenarnya masyarakat Binongko juga mengetahui cara mengolah bunga pepaya agar tidak pahit, namun pada menu masakan ini memang disengaja agar bunga pepaya untuk bahan Poufe tetap dengan rasa pahitnya. 

Hal ini karena di akuinya bahwa rasa pahit itulah yang menjadi ciri khas dari makanan ini sekaligus efek yang baik bagi kesehatan tubuh juga terdapat dalam rasa pahit tersebut.



Meski rasanya pahit, Poufe sebagai makanan khas tradisional pulau Binongko ini tetap banyak di gemari oleh masyarakat di Pulau Binongko. Karena ternyata Poufe ini diakui sebagai makanan yang sangat menyehatkan. Hal ini didapat dari kandungan dari tiap-tiap bahan masakan Poufe ini.

Kandungan Poufe sebagai  makanan menyehatkan  adalah sebagai berikut:



Kandungan Daun Kelor

Daun kelor adalah salah satu bahan yang terdapat pada makanan poufe makanan khas tradisional pulau Binongko yang diketahui memiliki banyak kandungan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh
Pic by Pixabay


Pertama, didapat dari kandungan daun kelor yang diketahui mengandung vitamin B6, B2, vitamin C dan A, magnesium, zat besi, protein nabati, mineral, kalsium dan lainnya. 


Daun kelor diketahui dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti kanker, tekanan darah, masalah jantung, mengatasi penuaan, flek hitam, meremajakan kulit, nyeri haid, penyakit kuning, diabetes, peradangan kronis, meningkatkan produksi ASI, menangkal radikal bebas, menjaga kesehatan hati dan mata, serta lainnya.



Kandungan Pepaya

Salah satu kandungan lain yang menyehatkan dari makanan poufe makanan khas tradisional pulau Binongko adalah karena kandungan dari buah pepaya hijau yang diketahui baik bagi kesehatan tubuh
Pic by Pixabay


Kedua, didapat dari kandungan pepaya muda yakni mengandung antioksidan, vitamin C, Adan Zinc, kalsium, kalium beta karoten dan lainnya. 


Manfaat bunga pepaya juga diketahui berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit, mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan imun tubuh, sifat anti kanker, membantu pencernaan, menangkal radikal bebas dan masih banyak lagi.



Kandungan Bunga Pepaya 

Salah satu alasan kenapa makanan poufe menyehatkan juga karena didapat dari kandungan bunga pepaya yang dikenal mengandung banyak vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh
Pic by JoaoBOliver


Ketiga, didapat dari kandungan bunga pepaya yang diketahui mengandung Vitamin C, E, K, dan vitamin A, kalium, kalsium, zat besi dan lainnya. 


Manfaat bunga pepaya diketahui dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti membantu sistem pencernaan, meningkatkan imun tubuh, anti inflamasi, menurunkan kadar gula, menangkal radikal bebas, atasi asma, dan masih banyak lagi.



Jadi Poufe adalah salah satu makanan khas tradisional pulau Binongko Wakatobi Sulawesi Tenggara. Makanan Poufe ini rasanya pahit tetapi menyehatkan. 


Kandungan Poufe yang diketahui menyehatkan ini didapat dari berbagai kandungan vitamin dan khasiat dari beberapa bahan dasar untuk membuat Poufe seperti daun kelor, bunga pepaya dan buah pepaya muda.


______
Baca juga lainnya:



Bagi masyarakat Binongko makanan Poufe ini dijadikan sebagai menu selingan, artinya tidak begitu sering dibuat atau dimasak seperti masakan lainnya. Menu Poufe biasanya dibuat sebagai makanan untuk memulihkan energi, menurunkan darah tinggi dan obesitas.

Nah, apakah kamu sudah pernah mencicipi Poufe makanan khas tradisional pulau Binongko ini? Kalau berkunjung kesana, tidak ada salahnya jika kalian mencobanya. Jangan heran dengan rasa pahitnya, karena makanan ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*