6 Manfaat Susu Kerbau untuk Orang Tua! Pas Bangat Khasiatnya

Khafifa Alqut
0
6 manfaat susu kerbau yang ternyata cocok bagi orang tua, diketahui dari kandungan susu kerbau yang ternyata memiliki nutrisi lebih tinggi daripada susu sapi
Ilustrasi tentang pemanfaatan susu Kerbau. Foto by: Vivaasocial


Banyak yang tidak tau jika ternyata ada susu lain yang memiliki manfaat atau khasiat lebih daripada susu sapi terutama pada orang tua yakni susu Kerbau.


Susu Kerbau diketahui memiliki kandungan yang baik dan cocok untuk orang tua. Meskipun sebenarnya susu Kerbau ini bisa diminum siapa saja, tidak memiliki patokan bahwa susu Kerbau adalah khusus utk orang tua. Akan tetapi, bila dilihat dari segi manfaat dan kandungan yang dimiliki oleh susu Kerbau memang cocok jika dikonsumsi orang tua. Pas banget khasiatnya.


Meskipun sudah menjadi orang tua, bukan berarti menjadi tidak wajar jika masih konsumsi susu atau minum susu. Justru pada saat kita menjalani usia lansia pun tetap perlu untuk minum susu, salah satunya dengan konsumsi susu seperti susu Kerbau.


Orang tua memang perlu selektif dalam memilih susu yang baik untuk dikonsumsi. Hal ini juga berkaitan dengan beberapa masalah yang akan dihadapi di usia lanjut, misal masalah kelupaan, masalah pada tulang, penurunan fungsi tubuh, sistem metabolisme yang melambat dan sebagainya.


Menjadi orang tua, perlahan beberapa masalah kesehatan mungkin akan kita hadapi, begitupun dengan fungsi tubuh yang mulai menurun. Sehingga, minum susu di usia lanjut ini tetap diperlukan untuk menambah nutrisi, vitamin dan beberapa kandungan baik yang diperlukan tubuh terutama di usia lanjut atau orang tua.


Salah satu susu yang tepat dikonsumsi baik untuk orang tua adalah susu kerbau. Dibandingkan susu sapi, susu kerbau ini memiliki kandungan yang lebih baik daripada susu sapi. Susu Kerbau juga bisa menjadi salah satu susu rekomendasi kepada orang tua daripada susu sapi.


Tentunya ada alasan kenapa susu Kerbau lebih baik daripada susu sapi dan lebih baik direkomendasikan untuk orang tua daripada susu sapi. Susu kerbau lebih cocok dan pas bangat khasiatnya untuk Orang Tua.


Susu Kerbau juga cocok untuk orang tua karena memiliki kandungan yang lebih baik dari susu sapi yakni sebagai berikut:

  • Protein,
  • Lemak,
  • Mineral,
  • Karbohidrat,
  • Vitamin A, C, dan B6,
  • Laktosa,
  • Kalium,
  • Asam amino,
  • Kalsium,
  • vitamin B12, 
  • riboflavin,
  • thiamine
  • Dan lainnya.



6 Manfaat Susu Kerbau Bagi Orang Tua


6 manfaat susu kambing bagi orang tua, yang ternyata susu Kerbau memiliki manfaat penting bagi orang tua meski tidak hanya orang tua yang dapat mengkonsumsi susu kerbau. Semua orang dapat konsumsi susu kerbau ini memiliki khasiat penting bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi tentang foto kerbau, kerbau diketahui memiliki susu yang memiliki kandungan nutrisi lebih tinggi daripada susu sapi. Foto by Herriest


Susu Kerbau diketahui memiliki kandungan gizi komplit yang lebih baik daripada susu sapi serta tidak kalah dengan jenis susu kambing dan kuda lira atu lainnya.

Jika dilihat dari khasiatnya, ternyata Susu Kerbau juga ternyata sangat cocok dan pas bila di konsumsi oleh orang tua. Berikut ini adalah perbedaan antara susu Kerbau dengan susu sapi, diantaranya: 

  • Susu Kerbau lebih tinggi kandungan lemak daripada susu sapi. Yakni, susu kerbau memiliki kandungan lemak hingga 8% sedangkan susu sapi hanya 4% saja.
  • Susu Kerbau juga lebih tinggi protein daripada susu sapi. Misal, sekitar 4,20% susu Kerbau sedangkan susu sapi hanya 3,60%.
  • Susu Kerbau juga lebih tinggi kalori daripada susu sapi.
  • Kandungan kolesterol di dari susu Kerbau jauh lebih rendah daripada susu sapi.
  • Susu Kerbau juga mengandung vitamin lebih tinggi daripada susu sapi seperti vitamin A dan C.
  • Susu Kerbau mengandung asam amino lebih tinggi seperti lisin dan metionin daripada susu sapi.
  • Susu Kerbau juga mengandung mineral yang lebih tinggi daripada susu sapi
  • Asam lemak pada susu Kerbau juga lebih seimbang misal pada lemak jenuh, tak jenuh dan tak jenuh ganda.

Diatas adalah beberapa perbedaan yang menunjukkan Susu Kerbau memiliki banyak keunggulan daripada susu Sapi. Meskipun mungkin, susu Kerbau saat ini tidak lebih populer daripada susu sapi. 

Susu Kerbau sebenarnya boleh dan bisa diminum siapapun. Namun jika melihat kandungan dan nutrisi yang dimiliki serta seberapa besar khasiatnya, susu Kerbau juga sangat cocok dan pas bangat jika dikonsumsi oleh orang tua.

Ada 6 manfaat susu Kerbau untuk orang tua yakni sebagai berikut:


1. Menjaga Kesehatan Jantung

Resiko penyakit jantung menjadi penyakit yang paling umum di waspadai kebanyakan orang tua. Meskipun masalah jantung ini mungkin saja dapat menyerang siapapun. 

Namun, semakin bertambahnya usia semakin besar resiko terkena penyakit jantung. Menjaga kesehatan jantung adalah hal yang paling penting terutama di usia semakin lanjut. Salah satunya adalah konsumsi susu kerbau.

Susu kerbau memiliki kandungan asam lemak seimbang baik asam lemak jenuh, tidak jenuh dan asam lemak tak jenuh ganda. Hal ini baik diketahui untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu juga dapat menjaga kadar kolesterol dengan baik juga dapat mencegah beberapa penyakit lain seperti, stroke dan serangan jantung.

Itulah pentingnya kenapa orang tua perlu untuk tetap konsumsi susu untuk tetap memberi nutrisi yang cukup terutama dalam menjaga kesehatan jantung salah satunya dengan konsumsi susu kerbau.



2. Mencegah Osteoporosis

Masalah osteoporosis adalah masalah tulang yang paling umum untuk dihadapi orang tua atau usia lanjut. Osteoporosis bisa dibilang kata lainnya adalah tulang yang keropos. 

Masalah osteoporosis biasanya dihadapi oleh para orang tua atau usia lanjut sebab di fase ini pertumbuhan tulang menjadi melambat. Ini juga disebabkan karena kurangnya kepadatan tulang jadi menyebabkan tulang mudah rapuh atau keropos. 

Ternyata konsumsi susu Kerbau bagi orang tua dapat membantu dalam mencegah terjadinya osteoporosis, yakni karena kandungan dalam susu kerbau seperti kalsium dan kasein yang berfungsi menjaga kepadatan tulang sehingga tidak mudah keropos atau mencegah terjadinya osteoporosis.


3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Diusia lanjut atau orang tua biasanya kita lebih rentan terhadap berbagai macam penyakit. Karena beberapa dari fungsi tubuh yang mulai melambat.

Konsumsi susu kerbau dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh terutama orang tua. Hal ini karena susu kerbau yang memiliki kandungan vitamin A dan Vitamin C yang memiliki fungsi menangkal radikal bebas dan virus yang menyerang tubuh.


4. Mencegah Anemia

Anemia bisa saja menjadi penyakit yang lebih serius bila tak segera diatasi. Masalah anemia bisa menyerang siapa saja, baik anak remaja, dewasa bahan orang tua.

Terutama pada orang tua atau lansia dengan masalah kekurangan nutrisi dan masalah penyakit kronis lainnya membuat orang tua/lansia lebih rentan terkena anemia.

Di ketahui bahwa susu Kerbau juga memiliki manfaat untuk mencegah Anemia. Sehingga, susu Kerbau juga cocok di konsumsi oleh orang tua terutama yang menderita anemia.
Hal ini karena susu kerbau memiliki kandungan vitamin B12 yang berfungsi sebagai pembentukan sel darah merah.


5. Menjaga Saluran Pencernaan

Pada usia lanjut biasanya fungsi tubuh sudah menurun termasuk pada sistem pencernaan yang mulai terganggu. Begitulah resiko yang banyak dihadapi oleh kebanyakan orang tua.

Meskipun masalah pencernaan ini bisa dihadapi oleh siapa saja dan tidak ada patokan umur atau usia tertentu. Namun orang tua atau dengan usia lanjut adalah yang paling beresiko mengalami masalah pada saluran pencernaan.

Ternyata salah satu cara untuk mengatasi masalah pencernaan ini adalah dengan konsumsi susu kerbau. Hal ini karena susu kerbau memiliki kandungan Probiotik sebagai bakteri baik yang mampu menekan bakteri jahat berlebih pada usus sehingga tetap menjaga saluran pencernaan dengan baik. 


6. Berfungsi Merawat Kulit

Menjadi orang tua memang ada banyak hal yang perlu di waspadai tentang menghadapi berbagai penyakit yang mungkin saja terjadi. Bukan hanya itu, termasuk masalah kulit.

Di usia tua atau orang tua biasanya kondisi fisik juga makin berubah terutama pada kulit yang mungkin mulai kusam, keriput dan lain sebagainya. Ternyata, ada manfaat lain dari khasiat konsumsi susu kerbau.

Selain menjaga kesehatan tubuh juga memiliki manfaat untuk menjaga dan merawat kulit tetap sehat. Hal ini karena susu kerbau yang memiliki kandungan sebagai berikut:

  • Memiliki kandungan vitamin C yang berfungsi untuk mendukung produksi kolagen dalam pembuatan jaringan kulit. Dengan begitu kulit akan tetap tampil sehat dan terawat.
  • Memiliki kandungan antioksidan yang juga baik untuk kulit yakni melindungi kulit dari paparan radikal bebas serta diketahui dapat membantu melawan penuaan dini.



Susu Kerbau untuk Orang Tua yang Pas Banget khasiatnya


Khasiat susu Kerbau yang diketahui memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh terutama pas Bangat bagi orang tua
Khasiat susu Kerbau yang cocok dan pas bangat bagi orang tua. Foto by Couleur


Apakah susu Kerbau bisa diminum?
Pertanyaan ini mungkin saja bisa muncul sebab susu Kerbau memang tak se-populer susu sapi.

Padahal susu Kerbau juga memiliki manfaat atau khasiat yang tidak kalah pentingnya dengan jenis susu lainnya. Kandungan susu Kerbau juga diketahui memiliki kandungan yang lebih tinggi daripada susu sapi.

Susu Kerbau ini bisa dikonsumsi siapa saja, tetapi untuk dikonsumsi oleh orang tua juga lebih pas bangat khasiatnya.

Ada beberapa resiko penyakit yang mungkin rawan bagi orang tua untuk mengalaminya dan juga mungkin bisa dicegah dengan kecukupan nutrisi yang baik salah satunya dengan konsumsi susu seperti susu Kerbau.


Konsumsi Susu Kerbau Pas bangat Khasiatnya bagi Orang Tua 👍

Biasanya bagi orang tua atau usia lanjut sudah cukup rentan terhadap berbagai macam penyakit terutama dengan masalah kesehatan tulang seperti osteoporosis. Susu Kerbau adalah susu yang memiliki nutrisi tinggi yang lebih daripada susu sapi. Susu kerbau juga memiliki manfaat dan khasiat yang pas bangat yakni berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Beberapa resiko yang dihadapi orang tua di usia lanjut salah satunya adalah melambatnya sistem pencernaan. Masalah ini juga bisa diatasi dengan menemukan khasiat atau manfaat dari susu Kerbau yakni mampu memperbaiki saluran pencernaan dengan baik.

Di usia lanjut juga, para orang tua lebih beresiko terhadap masalah jantung atau masalah peredaran darah, susu Kerbau juga diketahui memiliki khasiat yang pas bangat dengan kandungan nutrisi tinggi yang cocok untuk mengatasi dan mencegah berbagai macam penyakit tersebut. Termasuk dengan berbagai jenis penyakit lainnya.

Namun untuk disadari bahwa untuk penderita hipertensi, konsumsi susu kerbau juga perlu diperhatikan dan tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan sebab kandungan lemak dari susu Kerbau yang ternyata lebih tinggi daripada susu sapi. 
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*