Fakta Unik & Khasiat Kasoami Makanan Khas Tradisional Wakatobi: Perlu Anda Tahu!

Khafifa Alqut
0

Kasoami sebagai makanan khas tradisional Wakatobi yang enak dan nikmat ternyata punya fakta unik dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh manusia

Salah satu makanan khas tradisional di Wakatobi adalah Kasoami. Meskipun mungkin kurang familiar seperti makanan khas lainnya bagi masyarakat Indonesia, namun kasoami justru sudah banyak dikenal hingga mancanegara.


Kasoami sebagai salah satu makanan khas tradisional Wakatobi yang bentuknya unik ini seringkali hadir dalam berbagai pameran atau festival di Wakatobi yang kadangkala dihadiri oleh para wisatawan luar negeri.

Disamping itu, kasoami juga mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional di Wakatobi. Mengingat Wakatobi adalah salah satu tempat Wisata menarik dengan keindahan lautnya sehingga banyak mengundang wisatawan asing berkunjung kesana, sehingga para wisatawan pun banyak mengenal Kasoami sebagai salah satu makanan khas tradisional Wakatobi.



Nah, sekarang kasoami sebagai makanan khas Wakatobi ini sudah mulai mendunia nih. Ternyata ini fakta unik dan khas dari Kasoami sebagai makanan khas Tradisional Wakatobi yang juga baik bagi kesehatan.



Fakta Unik Kasoami sebagai Makanan khas Tradisional Wakatobi 


Kasoami makanan khas tradisional Wakatobi

Berikut ini adalah fakta unik Kasoami yang perlu anda tahu dari Kasoami yang menjadi makanan khas tradisional Wakatobi:


1. Kasoami Memiliki Bentuk Unik

Kasoami ini memiliki bentuk yang unik yakni segitiga dan mengerucut. Cara masaknya pun menggunakan cetakan yang dibuat dari daun kelapa. 



2. Kasoami bermakna Cinta Kasih

Jika dilihat dari bentuknya, kasoami yang berbentuk kerucut ini sebenarnya memiliki makna filosofi dalam kehidupan masyarakat Wakatobi. Kasoami bentuk kerucut melambangkan cinta kasih dalam keluarga, hubungan kasih sayang yang tak pernah putus. 

Secara garis besar, bentuk kasoami sebenarnya adalah segitiga. Namun bentuk yang mengerucut tersebut akhirnya menyesuaikan dengan tampah yang digunakan.

Cara makan kasoami berdasarkan kebiasaan orang zaman dahulu di Wakatobi, Kasoami setelah matang tidak dipotong-potong. Melainkan disajikan secara utuh untuk dimakan secara bersama-sama. Cara tersebut memberi makna simbol kekeluargaan dan cinta kasih.



3. Kasoami Enak di Makan dengan Ikan Bakar

Orang Wakatobi sudah pasti tahu, pasangan yang lezat menyantap ikan bakar adalah dengan kasoami. 

Kasoami memang memiliki rasa khas tersendiri yang cukup nikmat bila dipadukan dengan menu ikan apalagi ikan bakarnya.

____

Baca juga:

Kasoami atau kasuami adalah salah satu makanan khas Wakatobi yang terfavorit. Alasannya, kasoami sebagai salah satu makan tradisional Wakatobi ini sangat enak dan nikmat bila dipadukan dengan lauk ikan bakar.

Di Wakatobi, Kasoami ini merupakan salah satu makanan pokok sebagai pengganti nasi. Karena kasoami juga mengandung karbohidrat yang tinggi dan ternyata memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat kasoami bagi tubuh didapat dari khasiat dan kandungan dalam singkong pada umumnya. Karena kasoami bahan dasarnya adalah singkong.

Khasiat Kasoami sebagai Makanan Khas Tradisional Wakatobi,kasoami makanan khas Wakatobi,manfaat kasoami Wakatobi,khasiat kasoami wakatobi,Kasoami
Sumber gambar: Wikipedia



Khasiat dan Manfaat Kasoami Makanan Khas Wakatobi bagi Kesehatan Tubuh Manusia


Selain nikmat dan teman lauk ikan, kasoami ternyata memiliki banyak khasiat atau manfaat bagi kesehatan tubuh kita. 

Diketahui bahwa Kasoami berbahan dasar singkong ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Seperti  Mengandung Vitamin C, E, K dan A, zinc, magnesium, selenium, fosfor, beragam jenis antioksidan, seperti polifenol dan flavonoid.

Dikutip dari Alodokter.com, disebutkan bahwa untuk jumlah 100gram singkong memiliki kandungan sekitar 150 kalor diantaranya sebagai berikut:


38 - 40 gram Karbohidrat.

1 - 1,2 gram protein.

1 -2 gram Serat.

300 miligram kalium

20 miligram kalsium

25 - 30 mikrogram folat

20 - 30 miligram vitamin C


Berikut ini adalah beberapa Manfaat dari Kasoami makanan khas Wakatobi:

  • Kasoami Baik Untuk Mengendalikan Kadar Gula Darah;
  • Sumber Energi;
  • Baik Untuk Pencernaan dan Mampu atasi Sembelit;
  • Mencegah diabetes;
  • Baik untuk Jaringan Tubuh;
  • Mempercepat penyembuhan luka;
  • Mengandung banyak nutrisi;
  • Membantu Kesehatan Mata;
  • Membantu Nafsu Makan.
  • Dan lainnya

Disamping itu selain beberapa khasiat atau manfaat dari Kasoami makanan khas Wakatobi yang sebenarnya khasiat tersebut didapat dari kandungan singkong, banyak juga orang yang menggunakan olahan singkong seperti kasoami untuk diet.

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*