7 Manfaat Sukun Bagi Kesehatan, Selain Gorengan

Khafifa Alqut
1

Buah sukun adalah salah satu buah yang cocok untuk dibuat gorengan tetapi ternyata buah ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Buah sukun memiliki kandungan nutrisi penting yang diketahui dapat mengobati berbagai macam penyakit termasuk diabetes gula darah kesehatan jantung dan lainnya
Foto Sukun by: Ignartonosbg


Sukun merupakan tanaman tropis dan biasanya tumbuh wilayah kepulauan. Tanaman sukun juga diketahui sebagai tanaman khas di Nusantara. Apakah kamu pernah mencoba buah sukun?


Buah sukun biasanya dibuat menjadi gorengan yang enak dan simpel. Buah sukun yang sudah matang juga memiliki tekstur lembut dan rasanya manis, dibeberapa daerah buah sukun tidak hanya di goreng, tetapi di kukus bahkan menjadi kolak sukun yang enak.


Diketahui bahwa ternyata buah sukun selain enak buat gorengan, sukun juga ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Hal ini didapat dari berbagai kandungan penting dari buah sukun yang memiliki nutrisi lengkap, vitamin hingga mineral.


Buah sukun juga ternyata menjadi salah satu sumber makanan yang mengenyangkan yakni mengandung karbohidrat kompleks sehingga bisa menjadi alternatif pengganti nasi. 


Pohon sukun yang termasuk dalam keluarga Murbei (Moraceae) memiliki beragam varietas yakni lebih dari 120 varietas.  Selain daripada itu, ternyata sukun memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. 


Ternyata, ada 7 manfaat Sukun yang baik bagi kesehatan tubuh, tentunya manfaat buah sukun bukan hanya itu saja. Karena diketahui bahwa termasuk daun dan akar juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan kehidupan kita. 


Yakni, daun sukun bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal, sedangkan akar bisa sebagai pencegah longsor hingga tempat menyimpan cadangan air serta masih banyak manfaat lainnya tentang Sukun.


__________

Baca juga:

  1. 6 Manfaat Susu Kerbau untuk Orang Tua! Pas Bangat Khasiatnya
  2. 7 Bahan Dapur untuk Mengobati Sakit gigi, Ampuh!


7 Manfaat Sukun Bagi Kesehatan Tubuh 


Gorengan sukun merupakan salah satu gorengan yang enak dan lezat, tidak disangka ternyata buah sukun ini juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh bukan hanya sebagai gorengan.
Ilustrasi tentang gorengan. Foto by Javaistan



Sewaktu kecil gorengan sukun adalah salah satu camilan favorit. Kebetulan pohon sukun ini tumbuh rimbun dibelakang rumah. Pohon sukun juga selalu berbuah melimpah. 

Selain laku dijual, buah sukun juga kami goreng menjadi gorengan sukun krispi. Lucunya selain dibuat gorengan, saya belum memahami bahwa ternyata sukun ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Ternyata manfaat  tanaman sukun bagi kesehatan ini sudah dikenal sejak zaman dahulu. Sebagian besar masyarakat Indonesia ternyata sudah mengenal sukun sebagai bahan ramuan obat tradisional sejak zaman nenek moyang mereka.

Bagian yang dapat dijadikan bahan obat ini ternyata bukan hanya pada buah sukunnya saja, tetapi juga pada daun sukun. 

Hal ini diketahui karena baik buah maupun daun mengandung senyawa penting yang dibutuhkan oleh tubuh mulai dari nutrisi, vitamin, hingga mineral dan lainnya.

Berikut ini adalah 7 manfaat buah sukun bagai kesehatan tubuh, yakni:


1. Buah sukun bermanfaat untuk menangkal radikal bebas 

Salah satu manfaat buah sukun bagi kesehatan tubuh adalah berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Ada beberapa kandungan dari buah sukun yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas pada tubuh diantaranya sebagai berikut: 

  1. Buah sukun mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Fungsi dari kandungan ini adalah untuk melindungi kulit dan mencegah paparan radikal bebas. 
  2. Buah sukun juga mengandung dua jenis antioksidan seperti flavonoid dan phelonic yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas akibat aktivitas manusia sehari-hari.


2. Dapat mengurangi risiko diabetes

Salah satu manfaat lain dari buah sukun bagi kesehatan tubuh adalah dapat mengurangi resiko diabetes. Hal ini diketahui karena ternyata buah sukun memiliki kandungan serat yang tinggi, selain itu buah sukun juga memiliki indeks glikemik yang rendah. 

Jadi manfaat buah sukun selain mengurangi resiko diabetes juga dapat menurunkan kadar gula darah. 



3. Menjaga kesehatan jantung 

Perlu diketahui bahwa ternyata buah sukun juga berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Dikutip dari Alodokter tentang 5 manfaat dari buah sukun bagi kesehatan tubuh salah satunya adalah untuk melindungi kesehatan jantung. 

Hal ini didapat dari buah sukun yang memiliki kandungan antioksidan yang mampu mengurangi kolesterol jahat, termasuk dengan mencegah penyumbatan di pembuluh darah jantung. 

Selain itu dalam buah sukun juga terdapat kandungan sepasang lemak esensial yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.



4. Mengatasi peradangan 

Salah satu manfaat lain dari buah sukun adalah mengatasi peradangan. Hal ini didapat dari sifat anti inflamasi kandungan antioksidan buah sukun yang memiliki senyawa seperti flavonoid, coumarin, phenolic dan xanthones yang mampu mengatasi peradangan seperti peradangan atau nyeri otot, rematik, atau mengurangi peradangan dari aktivitas sel-sel lainnya. 




5. Melancarkan pencernaan 

Manfaat kelima dari buah sukun adalah melancarkan pencernaan. Diketahui bahwa buah sukun merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan serat yang tinggi yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan hingga dapat mengatasi sembelit, melindungi usus dan membersihkan racun dalam usus.



6. Menjaga kesehatan kulit 

Ternyata buah sukun juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Diketahui bahwa buah sukun ternyata mengandung omega 3 dan omega 6 yang ternyata bagus untuk merawat kulit, vitamin C untuk kesehatan kulit. Ekstrak sukun segar juga mampu mengatasi radang kulit dan menjaga kebersihan kulit. 



7. Membantu perkembangan otak 

Selain buah sukun memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh seperti menjaga kesehatan jantung, lambung dan kesehatan kulit, ternyata buah sukun juga memiliki manfaat dalam membantu perkembangan otak. 


Diketahui bahwa pada buah sukun mengandung lemak omega 3 dan 6 yang memiliki manfaat untuk membantu perkembangan otak. Selain itu buah sukun juga baik untuk dikonsumsi anak-anak maupun ibu hamil. 

Karena di dalam buah sukun selain mengandung omega 3 dan 6 juga asam folat, vitamin C, serat dan zat besi yang memiliki manfaat bagi perkembangan janin dan anak.



Baca juga:



Selain untuk Gorengan, Buah Sukun Ternyata Kaya Manfaat



Yang biasa terlintas di pikiran tentang buah sukun adalah enak untuk gorengan, meskipun sebenarnya buah sukun ternyata bisa diolah untuk berbagai macam bentuk seperti keripik sukun, kolak sukun, kue sukun, sukun kukus, hingga tepung yang terbuat dari buah sukun.

Selain enak untuk gorengan ternyata buah sukun juga kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Sebagian besar telah dijelaskan di atas tentang 7 manfaat dari buah sukun bagi kesehatan tubuh, selain itu buah sukun juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh lainnya seperti menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan lambung, mengatasi asam urat hingga bisa menjadi alternatif untuk pengganti nasi.

Diketahui bahwa ternyata ada banyak sekali kandungan dari buah sukun yang baik bagi kesehatan tubuh.


______
Baca juga:


Kandungan nutrisi buah sukun 


Buah sukun yang biasa kita kenal enak di makan sebagai gorengan ternyata memiliki nutrisi penting bagi kesehatan tubuh. 

Dikutip dari hortikultura.pertanian.go.id tentang Manfaat buah sukun memberikan penjelasan tentang betapa kayanya nutrisi yang dimiliki buah sukun yakni sebagai berikut:


• Karbohidrat
• Protein
• Serat
• Lemak
• Niacin
• Folates
• Pyridoxine
• Thiamin
• Riboflavin
• Vitamin A
• Vitamin E
• Vitamin C
• Vitamin K
• Sodium
• Kalsium
• Kalium
• Tembaga
• Magnesium
• Besi
• Mangan
• Selenium
• Fosfor
• Seng
• Karoten-ß –
• Lutein-zeaxanthin
• Crypto-xanthin-ß"
 


Itulah 7 manfaat buah sukun bagi kesehatan tubuh termasuk sejumlah senyawa dan nutrisi dari buah sukun yang dimilikinya dan ternyata bukan hanya enak dibuat untuk gorengan, buah sukun kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. 


Tentunya ada banyak manfaat lain dari kandungan buah sukun bagi kesehatan tubuh dan bukan hanya 7 manfaat seperti yang dijelaskan diatas.

Tags

Posting Komentar

1Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*