7 Bahan Dapur untuk Mengobati Sakit gigi, Ampuh!

Khafifa Alqut
0

Meski tergolong bukan penyakit yang paling berbahaya namun menderita sakit gigi adalah salah satu yang terasa menyiksa karena rasa sakitnya. 

Rasa nyeri, hingga pembengkakan pada gusi sampai kesulitan makan pasti akan dialami oleh penderita sakit gigi.


Sakit gigi ternyata dapat diobati dengan berbagai macam bahan yang ada di dapur. Sakit gigi juga dapat diobati dengan obat herbal yang mudah ditemukan di dapur. Berikut ada 7 bahan dapur yang dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi
Ilustrasi tentang sakit gigi. Photo by Sammy-Sander


Tidak main-main, kadang rasa sakit gigi ini bisa terasa nyeri dan menusuk tajam. 


Baca juga: Khasiat Getah Daun Jarak Dapat Mengobati Sariawan dan Sakit Gigi


Sakit Gigi ini bisa diakibatkan oleh berbagai macam faktor seperti: gigi berlubang, gigi patah, pembengkakan gusi, dan lain sebagainya.

Nyeri sakit gigi bisa mulai dari nyeri biasa, cenat cenut, menusuk tajam hingga nyeri parah. Menderita sakit gigi ini juga dapat menyerang siapa saja, baik anak-anak, dewasa maupun orang tua.


Bahan Dapur yang dapat Mengobati Sakit Gigi, Mudah dan Efisien 


Salah satu langkah terbaik untuk mengobati sakit gigi adalah berkonsultasi dengan dokter gigi. Namun, ternyata obat sakit gigi ini juga mudah ditemukan disekitar kita.

Mulai dari tanaman herbal, bahkan beberapa tanaman liar pun yang bisa tumbuh dipekarangan ada yang bisa digunakan sebagai obat sakit gigi seperti daun jarak, daun seribu, tanaman jontang dan lainnya. 


Baca juga: 5 Bahan Dapur yang Ampuh USIR HAMA Tikus Dkk



Namun, meski tumbuh liar justru beberapa tanaman ini kadang sulit ditemukan apalagi di daerah pemukiman besar atau perkotaan.

Nah, ternyata untuk mengobati sakit gigi ini bisa kita temukan dari berbagai bahan dapur yang pasti selalu ada di rumah sebagai bumbu dapur.

Sehingga, mengobati sakit gigi dengan menggunakan bahan dapur sebagai cara paling efisien dan mudah.

Ada 7 bahan dapur yang diketahui dapat mengobati sakit gigi, yakni sebagai berikut:


1. Garam

Mengobati sakit gigi dengan menggunakan garam ini merupakan metode yang sudah turun temurun. 


Obat sakit gigi herbal bisa dengan menggunakan bahan dapur seperti garam
Garam merupakan salah satu bahan dapur yang dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi . Photo by mkupiec7



Diketahui bahwa garam memiliki khasiat untuk meredakan sakit gigi. Yakni dengan cara berkumur air garam.

Garam diketahui mengandung natrium, sodium dan beberapa penelitian juga mengatakan bahwa garam mengandung anti bakteri dan anti radang. Sehingga larutan garam dipercaya dan meredakan sakit gigi.

Selain itu, garam sangat mudah ditemukan di dapur sebagai salah satu bahan makanan yang paling penting. Jadi mengobati sakit gigi menggunakan larutan garam bisa menjadi langkah efisien dan  sangat mudah.



2. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan dapur yang dipercaya juga dapat mengobati sakit gigi. Selain Itu, kunyit juga merupakan bahan dapur yang paling mudah didapat karena merupakan salah satu bumbu dapur yang penting dan biasa selalu digunakan oleh ibu rumah tangga di  Indonesia dalam mengolah berbagai jenis makanan.


Manfaat kunyit ternyata bukan hanya sebagai bumbu dapur tetapi juga dapat mengobati sakit gigi
Kunyit sebagai bahan dapur yang paling sering digunakan ini dapat dimanfaatkan juga sebagai obat sakit gigi. Photo by stevepb



Selain menjadi bahan dapur yang efisien dan mudah didapat, kunyit merupakan salah satu bahan dapur yang dikenal ampuh dapat mengobati berbagai penyakit seperti kanker, cacar, gangguan hati, asma, maag, meningkatkan daya tahan tubuh dan masih banyak lagi.

Diketahui bahwa kunyit mengandung kurkurium, Pati, resim, sesmetoksikumin, selulosa, protein, bisdesmetoksikurkumin, vitamin C, fosfor, kalium, antioksidan, zat pahit, zat besi hingga minyak katsiri.

Sama seperti garam, kunyit juga diketahui mengandung anti bakteri dan anti radang. Sehingga kunyit juga berkhasiat sebagai obat untuk sakit gigi.


3. Cengkeh

Cengkeh juga merupakan salah satu bahan yang mudah untuk didapatkan di dapur. Karena cengkeh biasanya banyak digunakan sebagai bahan atau bumbu dapur untuk berbagai jenis olahan makanan.


Bukan hanya sebagai rempah atau bumbu dapur, cengkeh juga bisa mengobati sakit gigi
Cengkeh juga ternyata dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi. Photo by Abuyotam



Selain itu, ternyata cengkeh juga dapat berkhasiat untuk mengobati sakit gigi.

Untuk cengkeh yang merupakan salah satu bahan dapur yang khas ini diketahui mengandung mineral dan banyak vitamin seperti vitamin K, E C dan vitamin A. Selain itu cengkeh juga mengandung kalium, kalsium, mangan, magnesium, natrium dan zinc. .

Jika dilihat dari seberapa banyak kandungan vitamin dari cengkeh, bisa disimpulkan bahwa cengkeh tidak hanya dapat mengobati sakit gigi tetapi juga mampu untuk menjaga kesehatan bagi keseluruhan tubuh kita.

Yakni, bicara khasiat cengkeh ternyata sangat besar sekali. Cengkeh juga telah dipercaya seka dahulu sebagai salah satu bahan pengobatan tradisional untuk berbagai macam penyakit.

Bila berkaitan dengan kesehatan mulut. Cengkeh tidak hanya sebagai obat sakit gigi tetapi mengunyah cengkeh juga dapat membantu mengurangi bau mulut.


4. Lemon

Lemon mungkin tidak digunakan sebagai bahan bumbu dapur dalam olahan makanan seperti cengkeh dan garam diatas.


Selain segar dan mengandung banyak vitamin C lemon juga bermanfaat untuk mengobati sakit gigi
Photo by jarmoluk



Tetapi lemon biasanya juga sering ditemukan di dapur. Dalam hal ini lemon juga bisa dijadikan sebagai bahan minuman atau penyegar untuk makanan.

Selain itu lemon juga merupakan buah yang tidak sulit ditemukan.

Diketahui bahwa lemon memiliki banyak kandungan didalamnya bukan hanya vitamin C saja seperti yang umum orang ketahui. Yakni juga mengandung air, protein, magnesium, kalium, kalsium, serat juga magnesium.

Ada banyak sekali khasiat lemon untuk tubuh termasuk dalam perawatan kulit, meningkatkan imun, perawatan rambut, dan masih banyak lagi.

Selain itu lemon juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi, sariawan dan panas dalam. Hal ini karena kandungan yang dimiliki lemon seperti antiseptik dan antibakteri.


5. Bawang Putih

Bawang putih juga dikenal memiliki banyak khasiat dalam mengobati berbagai macam penyakit.

Hal ini disebabkan karena banyaknya kandungan bawang putih yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti selenium, vitamin C, antioksidan, kalsium, protein, mangan dan masih banyak lagi.


Dikenal berkhasiat untuk kesehatan bawang putih juga bermanfaat untuk mengobati sakit gigi
Manfaat bawang putih berkhasiat mengobati sakit gigi. Photo by stevepb



Ada banyak sekali manfaat dari bawang putih ini yakni antikanker, antiinflamasi, anti mikroba, meningkatkan imun dan masih banyak lagi.

Tak lupa ternyata bawang putih bisa untuk mengobati sakit gigi. Hal ini karena fungsinya sebagai anti mikroba  dan anti bakteri yang terdapat dalam senyawa allicin yang terkandung di dalam bawang putih sehingga  mampu membunuh bakteri dalam gigi yang memunculkan rasa sakit akibat gigi berlubang. 


6. Madu

Madu juga merupakan salah satu baha yang biasa ditemukan di dapur. Selain itu madu juga dikenal memiliki banyak sekali khasiat atau manfaat bagi kesehatan tubuh.


Madu memiliki tekstur yang kental. Madu dikenal memiliki banyak khasiat da dan manfaat bagi kesehatan manusia. Ternyata madu juga bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi
Madu memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh juga dapat mengobati sakit gigi. Photo by flo222



Ternyata, madu juga berkhasiat untuk mengobati sakit gigi. Hal ini karena diketahui bahwa madu memiliki zat anti bakteri dan anti radang yang dapat membunuh bakteri penyebab gigi sakit serta mampu mengurangi rasa sakit yang mungkin diakibatkan karena peradangan pada gigi atau bengkak.

Diketahui bahwa madu memiliki banyak kandungan baik untuk kesehatan tubuh seperti B6, niasin, riboflavin, thiamin, asam pantotenat dan asam amino. Bukan hanya masih ada kandungan lainnya yang terdapat dalam kandungan mineral dari madu.

Sehingga, khasiat madu dikenal cukup besar seperti meredakan batuk, membantu penyembuhan luka, mengontrol kadar gula, dan masih banyak lagi.


7. Minyak Kelapa

Obat sakit gigi lainnya yang bisa ditemukan di dapur adalah minyak kelapa. 


Minyak kelapa memiliki banyak khasiat untuk kesehatan salah satunya dapat mengobati sakit gigi
Ada banyak manfaat dari minyak kelapa. Salah satunya dapat mengobati sakit gigi. Photo by Manjot13




Minyak kelapa adalah salah satu bahan dapur yang biasa digunakan untuk menggoreng. Memiliki rasa dan aroma yang khas berbeda dengan minyak goreng pada umumnya.

Minyak kelapa ternyata memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Salah satunya adalah mengobati sakit gigi.

Diketahui bahwa kandungan minyak kelapa diantaranya asam laurat, asam miristat, asam oleat, asam palmitat, dan asam stearat.

Selain itu diketahui juga bahwa minyak kelapa memiliki sifat anti inflamasi. Dengan ini memiliki fungsi untuk mengurangi peradangan dan sensitivitas pada sakit gigi.



Obat Alami Sakit Gigi Ternyata ada Disekitar Kita, Misalnya Dapur


Sakit gigi memang sangat meresahkan. Karena rasa ngilu, rasa nyeri, cenat-cenut mulai dari rasa nyeri biasa, sedang hingga parah.

Maka seringkali membuat orang panik untuk mencari obat sakit gigi disaat rasa sakit gigi kambuh atau menyerang.

Biasanya banyak orang yang membeli obat sakit gigi langsung kepada dokter. Sebab ini merupakan cara yang paling mudah dan cepat untuk sembuh.

Tapi, terkadang dalam keadaan kepepet kita hanya berinisiatif untuk mencari berbagai macam obat atau bahan disekitar kita untuk mengobati sakit gigi. Seperti obat herbal atau obat alami lainnya.

Padahal, untuk mencari obat herbal atau obat alami untuk mengatasi sakit gigi ini justru bisa dilakukan dengan berbagai bahan disekitar kita seperti bahan yang ada di dapur. Seperti lemon, cengkeh, bawang putih, madu, minyak kelapa, garam dan masih banyak lagi.

Ternyata banyak bahan disekitar kita terutama di dapur seperti bahan bumbu makanan, rempah-rempah yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh kita salah satunya seperti obat sakit gigi.

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*