Khasiat Getah Daun Jarak untuk Obat Sariawan dan Sakit Gigi

Khafifa Alqut
0

Khasiat daun jarak sudah dikenal sejak jaman leluhur kita. Jauh sebelum era moderenisasi saat ini, cara pengobatan tradisional sangat dikenal mujarab dan manjur untuk mengobati berbagai macam penyakit. 

Salah satunya dengan pengobatan cara herbal. Misalnya metode pengobatan menggunakan daun jarak.

Daun jarak dikenal memiliki banyak khasiat, seperti mengobati berbagai macam penyakit karena kandungan yang dimilikinya.

Bahkan ada yang menyebut bahwa pohon jarak itu sama dengan pohon kelor. Sama-sama pohon ajaib yang berkhasiat obat serta bermanfaat mulai dari akar, batang, buah hingga daunnya.


Daun jarak memang kaya manfaat, bukan hanya biji dan daun bahkan hingga getahnya pun memiliki nilai penting bagi pengobatan dan kesehatan tubuh.


Getah Daun Jarak dapat mengobati Sariawan dan Sakit Gigi


Seperti diketahui bahwa pohon jarak adalah salah satu pohon ajaib yang dikenal berkhasiat terutama pengobatan berbagai jenis penyakit. Mulai dari akar, batang hingga daunnya.





Kali ini, diketahui bahwa getah daun jarak juga begitu berkhasiat sebagai obat. Seperti dapat mengobati sariawan dan sakit gigi.

Jangan dianggap sepele, meski bukan penyakit yang cukup serius sakit gigi dan sariawan justru dapat terasa menyakitkan bagi yang mengalami, seperti sulit makan dan rasa sakit, mengganggu konsentrasi, hilangnya mood, dan lainnya.

Bila anda mengalami sakit gigi atau sariawan, maka bisa mencoba dengan memanfaatkan getah daun jarak ini.


Cara mengobati Sakit Gigi dan Sariawan dengan Getah Daun Jarak


Ternyata cara mengobati sakit gigi dan sariawan dengan getah daun jarak ini cukup simpel. Yakni dengan memanfaatkan getah daun jarak yang masih segar.

Pertama petik tangkai daun jarak, pada bagian ujung tangkai akan terlihat getahnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat.

Getah tersebut bisa dioleskan pada bagian bibir yang terkena sariawan, atau pada bagian gusi yang bengkak yang menyebabkan sakit pada gigi tersebut. 

Memperoleh getah dari daun jarak inipun bisa dengan merobek memotong tangkainya, memisahkan daun pada tangkai atau pada kulit pohon daun jarak yang masih muda/pucuk.


Cara lain yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan khasiat getah daun jarak sebagai obat sariawan dan sakit gigi adalah dengan mengambil beberapa lembar daun jarak segar, robek-robek dan masukan dalam gelas atau wadah lalu tambahkan air secukupnya. Aduk-aduk hingga getah daun jarak tersebut tercampur baik dengan air. 

Selanjutnya, air dari rendaman sobekan daun jarak tersebut bisa digunakan untuk kumur-kumur. Bisa dilakukan berulang kali.


Kandungan Getah Daun Jarak yang disebut berkhasiat untuk Obat



Daun jarak pada umumnya dikenal memiliki sifat anti peradangan, sehingga banyak yang menggunakan daun jarak juga untuk meredakan nyeri pada luka dan lainnya.

Tidak salah juga, jika akhirnya getah daun jarak bisa untuk mengobati sakit gigi dan sariawan karena sifat dan kandungan yang dimilikinya.

Kandungan daun jarak yang berkaitan dengan anti peradangan tersebut yakni asam risinoleat. Ternyata bukan hanya itu, daun jarak juga memiliki zat dan kandungan lainnya yakni fitonutrien, alkaloid, kaempferol, astragalin, quercetin, termasuk dengan kandungan anti mikroba, anti peradangan, anti inflamasi, anti oksidan dan masih banyak lagi.

Bila untuk kesehatan, ternyata pohon jarak yang dikenal termasuk tanaman liar ini memiliki peranan cukup besar untuk merawat fungsi tubuh kita.


Khasiat Lain Getah Daun Jarak selain Obat sakit Gigi dan Sariawan


Dari banyaknya zat dan kandungan yang dimiliki daun jarak yang memiliki khasiat penting bagi kesehatan tubuh, ternyata getah daun jarak tidak hanya dapat mengobati sakit gigi dan sariawan.

Getah daun jarak juga diyakini dapat mengobati sakit demam, panas dalam dan lainnya.

Selain itu, khasiat lain dari daun jarak ini banyak sekali seperti obat ketombe, mempercepat penyembuhan luka, obat untuk melawan infeksi bakteri, merawat kulit, meredakan pembengkakan, sebagai antibiotik, diabetes, hipertensi, atasi konstipasi, dan masih banyak lagi.

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*