5 Bahan Dapur ini Bikin Hama Kabur Terusir Dengan Mudah

Khafifa Alqut
0

Kehadiran hama baik di rumah atau di lingkungan kita tentu sangat menganggu, bukan hanya kotor tetapi juga mungkin dapat bersifat merusak, dan lainnya.

Sehingga banyak orang yang mencari cara bagaimana cara mengusir hama dengan mudah. Bagaimana cara membuat para hama kabur di lingkungan kita.

Berbagai cara pun dilakukan bahkan ada yang mengeluarkan biaya cukup besar hanya untuk membasmi hama.

Padahal untuk beberapa jenis hama tertentu, bisa diatasi dengan beberapa bahan yang dapat kita temukan di dapur kita sehari-hari.

Selain hemat, mengusir hama menggunakan bahan dapur juga merupakan cara yang mudah untuk didapatkan.


5 Bahan Dapur untuk Mengusir Hama dengan Mudah


Bahan-bahan dapur untuk dapur rumahan orang Indonesia itu banyak bangat ya. Ya maklum, di Indonesia kan memang kaya akan hasil rempah-rempah, termasuk olahan makanan yang selalu lengkap dengan banyak bumbu-bumbu khas orang Indonesia.


5 Bahan Dapur untuk Mengusir Hama dengan Mudah
Bahan dapur banyak yang berkhasiat untuk mengusir hama tanaman. Photo by: atulcodex


Kalau untuk dihitung, memang sulit dihitung. Mulai dari bawang, cengkeh, aneka macam cabai atau cabe, jahe, lengkuas, laos, kemiri, ketumbar, jintan dan masih banyak lagi. Bumbu dan bahan-bahan tersebutlah yang selalu membawa cita rasa masakan Indonesia selalu nikmat, khas dan istimewa.


Baca juga7 Bahan dapur AMPUH untuk obat saki gigi

Hama atau serangga yang ada di sekitar kita mungkin saja akan terasa mengganggu. Sehingga membuat kita merasa tidak aman dan nyaman dengan hadirnya hama. Hama juga memiliki sifat yang merusak dan mengganggu terutama pada tanaman atau tumbuhan.

Tumbuhan atau tanaman yang diserang oleh hama akan sangat mengancam dan dapat menghambat pertumbuhan tanaman dengan baik.

Ternyata di sekitar kita, dapat dengan mudah menemukan bahan pengusir hama tanaman ini mulai dari bahan-bahan di dapur kita sendiri.


Ada 5 bahan dapur yang dapat digunakan untuk mengusir tanaman dengan mudah, yakni sebagai berikut:


1. Gula merah mengusir hama tikus

Gula merah merupakan salah satu bahan dapur yang mudah ditemukan. Karena gula merah hampir sering digunakan untuk campuran atau bumbu bahan makanan seperti kolak, sambal, rujak, dan masakan lainnya.

Ternyata, gula merah selain banyak dibutuhkan di dapur, gula merah ini juga sebagai bahan dapur yang bisa digunakan untuk mengusir hama, seperti tikus.

Jadi, gula merah bisa menjadi cara alami untuk mengusir hama tikus secara alami. Tidak perlu menggunakan perangkap tikus atau racun tikus pun, ternyata menggunakan gula merah saja dengan bahan yang mudah di dapat di dapur juga ampuh mengusir hama seperti tikus.

Pertama anda harus membuat ramuannya terlebih dahulu yakni gula merah ini dicampur dengan terigu, baking soda, dan air. Kemudian letakkan ramuan atau adonan tersebut kedaerah yang mudah atau sering dijangkau oleh tikus.


2. Cabe merah mengusir hama belalang


Cabe merah dapat digunakan untuk mengusir hama belalang
Cabe merah dapat digunakan untuk mengusir hama belalang. Photo by: Stevepb


Cabe merah juga merupakan bahan dapur yang mudah ditemukan. Ternyata ramuan cabe merah juga dapat mengusir hama seperti hama belalang.

Yang banyak kita ketahui, justru tanaman cabe lah yang kadang sering diserang oleh hama di pohonnya. Ternyata, manfaat cabe juga dapat digunakan untuk mengusir hama lainnya.

Ramuan cabe merah ini ternyata dapat menjadi biopestisida yang dapat digunakan untuk mengusir hama belalang. Ramuan tersebut adalah campuran cabe, daun bawang merah dan daun mint. Semuanya ditumbuk dan diberi air lalu diambil air perasaanya.


3. Cengkeh untuk mengusir hama kutu dan serangga lainnya


Bahan dapur untuk bumbu masakan seperti cengkeh, dapat juga dijadikam sebagai pengusir hama kutu dan beberapa serangga lainnya.
Bahan dapur untuk bumbu masakan seperti cengkeh, dapat juga dijadikam sebagai pengusir hama kutu dan beberapa serangga lainnya. Photo by: abuyotam


Bahan dapur cengkeh juga sebagai bahan untuk bumbu masakan yang lezat. Ternyata, selain sebagai bumbu masakan cengkeh juga bisa sebagai ramuan untuk mengusir hama.

Diketahui bahwa cengkeh ini merupakan rempah yang banyak manfaat. Diantaranya menghasilkan minyak atsiri, bahan untuk obat tradisional, bumbu masakan, bahan baku rokok dan juga dspat mengusir hama serta masih banyak lagi.

Cengkeh yang digunakan untuk mengusir hama ini dapat digunakan baik menggunakan cengkeh kering maupun minyak cengkehnya saja. Misalnya minyak cengkeh ini bisa digunakan untuk mengusir hama kutu dan serangga lainnya seperti semut dan kecoa. Selain itu cengkeh kering juga baik untuk mengusir serangga lainnya sepertu lalat, ngengat, dll.


4. Jahe dan kencur dapat mengusir hama "beureum" pada tanaman padi

Pasti anda tau kalau jahe dan kencur juga merupakan bahan dapur yang paling mudah kita jumpai dimana-mana. Selain bermanfaat sebagai bumbu masakan jahe dan kencur juga digunakan sebagai ramuan obat tradisional yang mampu mengobati berbagai macam penyakit.


Jahe merupakan salah satu bahan untuk membuat pengusir hama beureum pada tanaman padi
Jahe merupakan salah satu bahan untuk membuat pengusir hama beureum pada tanaman padi. Photo by: Congerdesign


Ternyata, jahe dan kencur juga tidak hanya sebagai bahan di dapur yang digunakan untuk bumbu masakan saja. Tetapi jahe dan kencur juga berkhasiat untuk mengusir hama.

Hama "beureum" yakni hama yang sering terdapat pada tanaman padi. Ternyata kombinasi ramuan antara jahe dan kencur ini dapat digunakan untuk mengusir hama "beureum" tersebut.


5. Laos atau Lengkuas dapat mengusir hama semut


Laos atau lengkuas merupakan salah satu bahan dapur yang dapat digunakan untuk mengusir hama semut
Laos atau lengkuas merupakan salah satu bahan dapur yang dapat digunakan untuk mengusir hama semut. Photo by: Suanpa


Diantara banyaknya bahan dan bumbu masakan di dapur, juga pasti kita mengenal laos atau lengkuas. Karena lengkuas ini merupakan salah satu bahan atau bumbu masakan di dapur yang sering digunakan.

Sama halnya dengan bumbu masakan lainnya seperti jahe, kencur dan lainnya, lengkuas juga bisa dijadikan sebagai bahan atau ramuan obat tradisional.

Ternyata, manfaat laos atau lengkuas ini tidak sedikit. Diketahui bahwa laos atau lengkuas ini juga dapat digunakan untuk mengusir hama semut.

Kegunaan laos atau lengkuas untuk mengusir hama semut ini bisa digunakan pada lahan persemaian tanaman. Caranya, lengkuas ditumbuk bersama kunir. Lalu campur dengan air. Kemudian air dari kunir dan lengkuas yang ditumbuk tersebut dapat digunakan lada lahan persemaian untuk mengusir hama semut dengan cara di semprotkan.


___________

Bikin Hama Terusir dan Kabur dengan Mudah

Tak di sangka ternyata bahan-bahan dapur tersebut bukan hanya membawa aroma dan kelezatan pada rasa makanan, juga banyak bahan dapur yang juga bisa sebagai pengusir hama atau serangga.

Bahan-bahan dapur atau bahan untuk bumbu masakan ini memang benar juga kalau bisa dijadikan sebagai pengusir hama, karena sebagian besar bumbu atau bahan-bahan dapur ini memiliki aroma yang kuat dan khas.

Diketahui bahwa ada 5 bahan dapur yang bisa digunakan untuk mengusir hama dengan mudah. Untungnya 5 bahan dapur ini bisa kita temukan dengan mudah disekitar kita karena mungkin saja sebagian besar dari kita dengan mudah memperolehnya di dapur atau ke pasar.

Dengan menggunakan 5 bahan-bahan dapur yang sudah disebutkan diatas tentu saja dapat membuat hama akan terusir dan kabur dengan mudah.

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*