Tradisi Unik Hari Raya Pulau Binongko

Khafifa Alqut
0

Hari Raya merupakan hari besar bagi umat muslim. Yakni disebut juga sebagai hari kemenangan yang penuh berkah. Bagi semua umat muslim akan menyambut hari agung ini dengan penuh suka cita.

Pada saat Hari Raya atau menyambut Hari Raya bagi umat muslim yakni hari raya idul fitri maupun idul adha, mungkin saja setiap orang, tempat atau daerah memiliki tradisi atau kebiasaan masing-masing yang unik dan berbeda dengan yang lainnya.


Hal-hal seru tersebut akan menjadi momen yang sangat berarti ketika hari raya tiba. Selain menikmati makanan, hidangan, silaturahmi, maaf-maafan, juga mungkin ada beberapa kegiatan lain yang unik dan menarik serta hanya terjadi di momen lebaran atau hari raya itu sendiri.


Seperti di pulau Binongko. Sebagian besar penduduk atau masyarakat Binongko adalah perantau, jadi momen hari raya adalah momen yang sangat berarti untuk brrkumpul dan silaturahmi. Sehingga mereka membuat suatu kegiatan tertentu yang akhirnya menjadi kebiasaan bahkan tradisi yang melekat serta turun-temurun. 


Baca juga:

Binongko

  1. 'Tembanne' Tradisi Pulau Binongko Wakatobi: Tindik Telinga Bayi Perempuan
  2. Belajar Bahasa Binongko Wakatobi: Nama Benda di Ruang Tamu, Dapur dan lainnya
  3. Benteng Palahidu & Kerajaan yg Berkuasa! Mitos atau Fakta? - New!


Setidaknya ada 3 tradisi unik di pulau Binongko saat hari raya, yakni sebagai berikut:



Tradisi Unik Hari Raya di Pulau Binongko

 

Tradisi unik di hari raya pulau Binongko Wakatobi yang memiliki momen tersendiri unik dan menarik
Photo by: Chidioc/pixabay


Salah satunya di pulau Binongko. Dalam menyambut hari suci ini bagi umat muslim, masyarakat Binongko dikenal 100% penduduknya adalah islam. Begitupun tradisi di daerah ini memiliki cara unik dalam menyambut hari lebaran atau hari Raya. 


Berikut ini 3 Tradisi Unik Hari Raya di Pulau Binongko:


Setiap moment hari kebahagiaan maka patut kita merayakannya sebagai ungkapan rasa syukur. Termasuk pada Hari Raya yang dianggap hari kemenangan dan hari besar agama Islam. Bagi yang merayakan atau umat muslim, akan menjadikan ini sebagai hari yang penuh suka cita. Dalam perayaan hari raya, setiap daerah memiliki tradisi tersendiri baik yang unik, mewah, dan sebagainya.



Joget Siang Pulau Binongko


Acara joget siang di pulau Binongko merupakan hal yang patut ada dalam perayaan menyambut hari raya atau hari kemenangan islam. 

Tradisi ini dapat dijumpai pada acara yang biasa digelar oleh masyarakat Wali pulau Binongko. Usai melaksanakan shalat hari Raya idul fitri maupun idul adha, maka selanjutnya para muda dan mudi atau kelompok remaja masyarakat Wali akan menyusun rencana pelaksanaannya.


Acara joget siang ini tidak dilakukan dalam satu tempat tetapi berkeliling ke rumah-rumah. Pemilik rumah yang ingin dijumpai maka wajib menyetor uang saweran pada pengurus acara, agar para kelompok remaja ini bisa mampir dan menggelar joget di halaman depan rumah. 

Acara joget siang ini juga tidak terbatas kepada siapapun yang ingin berpartisipasi termasuk orang-orang dari desa/ kampung lainnya.


 

Tradisi Polelei Pulau Binongko

Tradisi ini merupakan tradisi turun-temurun yang memiliki arti mendalam. Salah satunya mempererat hubungan tali silaturahmi masyarakat Binongko. 

Cara menggelar tradisi polelei ini yakni masyarakat akan berkumpul pada satu tempat yang telah ditentukan, lalu beramai-ramai mengunjungi satu rumah hingga kerumah lainnya hingga selesai. 

Para tamu yang hadir di suguhkan berupa snack, kue-kue, minuman segar untuks ekedar dicicipi atau dinikmati. Bisa baca lebih lengkap tentang tradisi polelei pulau Binongko.


Baca lebih lengkap tentang Tradisi Polelei Di Pulau Binongko, Bagaimana?



Silat Mansa Pulau Binongko

Silat mansa atau mansa’a merupakan warisan budaya dari tanah adat pulau Binongko, umumnya Wakatobi. Pagelaran silat mansa pada hari raya idul fitri atau idul adha sebagai ungkapan rasa syukur atas hari kemenangan umat islam. Silat mansa digelar pada hari-hari besar seperti ini agar tetap menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya tanah Binongko. 


Sebenarnya, silat mansa ini dapat dijumpai dalam beragam acara pesta lainnya. Namun berbeda halnya pada saat hari raya idul fitri maupun idul adha di Pulau Binongko, karena acara silat mansa ini akan kita jumpai digelar hampir di seluruh kampung pulau Binongko.


Baca juga : 

  1. Mengenal 10 Tarian Tradisional Binongko Wakatobi, Selain Tari Balumpa yg Lain Mungkin Sudah dilupakan - New!


 


 

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*