Ande-Ande, Lagu Pengobatan Tradisional di Pulau Binongko

Khafifa Alqut
0

 

Lagu Ande-ande dikenal sebagai lagu untuk pengobatan tradisional di pulau Binongko, lagu ini disebut memiliki lirik yang dapat membangkitkan roh untuk kembali pulih. Lagu ini juga dijadikan sebagai terapi untuk dalam pengobatan tradisional di pulau Binongko Wakatobi
Quimuns

Pernahkan mendengar cara pengobatan dengan lagu? Cara ini ternyata sudah di kenal oleh masyarakat pulau Binongko sejak nenek moyang mereka. Diketahui bahwa ada sebuah lagu yang dijadikan sebagai metode pengobatan tradisional salah satu penyakit keras yang sulit disembuhkan di Pulau Binongko yakni dengan lagu Ande-Ande.


Di era modern, musik dan lagu juga digunakan sebagai terapi pengobatan. Diketahui bahwa beberapa musik tertentu bisa dijadikan terapi pengobatan seperti pasien dengan gangguan kardiovaskular, nyeri dan lainnya. Selain itu, ada juga jenis musik atau lagu yang bisa digunakan untuk mengobati stress, kecemasan, terapi saraf dan lainnya.


Lalu, bagaimana dengan metode pengobatan tradisional di Pulau Binongko yang menggunakan lagu Ande-Ande sebagai metode pengobatan untuk penyakit tertentu?


Di Pulau Binongko Wakatobi, ternyata metode pengobatan tradisional dengan lagu ini sudah dikenal secara turun-temurun. Akan tetapi hanya pada jenis penyakit tertentu, begitupun dengan lagu Ande-ande yang tidak bisa sembarangan dinyanyikan oleh siapapun.


Lagu Ande-ande yang menjadi lagu untuk pengobatan tradisional di pulau Binongko ini disebut mengandung hal mistis yang dapat mengundang roh gaib jika disalahgunakan.


Lalu, apa yang membedakan antara lagu Ande-ande sebagai lagu pengobatan tradisional di pulau Binongko dengan penggunaan musik dan lagu sebagai terapi pengobatan di era modern?




Mengenal Lagu Ande-ande sebagai Lagu Pengobatan Tradisional di Pulau Binongko 


Lagu Ande-ande sebagai lagu pengobatan alternatif tradisional di pulau Binongko untuk menyerang virus Faopu
Pic by ulleo




Diera modern, juga dikenal cara pengobatan dengan musik atau lagu. Hal ini berkaitan dengan terapi atau menjadi alternatif dalam pengobatan untuk beberapa penyakit atau masalah tertentu. Berkaitan dengan nyanyian atau lagu untuk pengobatan, orang-orang terdahulu bahkan lebih awal mengenalnya. 

Banyak para suku-suku pedalaman yang memiliki nyanyian yang digunakan untuk pengobatan. Tetapi yang dapat melakukannya hanyalah orang-orang tertentu. 


Nyanyian ini bahkan sudah menjadi warisan dari para leluhur mereka. Pada suku Pedalaman Andes misalnya, sebuah lagu penyembuhan tradisional dari Wachiperi. Lagu ini bahkan dimasukan oleh UNESCO  ke dalam List of Intangible Cultural Heritage in Need of Urgent Safeguarding.

Terlepas dari mereka, Pulau Binongko juga memiliki lagu atau nyanyian yang dikenal sebagai nyanyian penyembuhan tradisional yang disebut lagu Ande-ande.



Tentang lagu atau nyanyian Ande-ande


Lagu Ande-Ande” ini adalah sebuah lagu atau nyanyian dari tanah Binongko untuk  roh dalam jiwa yang masih hidup. Memiliki syair yang mampu menggetarkan seluruh jiwa raga. 

Lagu Ande-ande sebagai lagu untuk terapi pengobatan alternatif untuk penyakit yang sulit disembuhkan dengan pengobatan medis. 

Dalam lirik lagu Ande-ande mengandung kata-kata yang meminta jiwa untuk pulih dari penyakit atau doa penyembuhan, permintaan terhadap roh untuk segera membawa pergi penyakit ini jauh-jauh dan masih banyak arti lainnya yang mendalam. Lagu ini juga memiliki tata aturan penyampaian dengan ritual khusus. 

Lagu atau nyanyian Ande-ande di tanah Binongko, Lagu ini tidak bisa dinyanyikan oleh sembarang orang, di sembarang tempat, atau sembarang tujuan. Lagu ini sangat sakral, iramanya mengalun pelan dan lirik yang mengandung arti mendalam.




Lagu atau Nyanyian Ande-ande untuk Penyakit Apa?


Lagu atau nyanyian Ande-ande adalah lagu untuk roh, lagu ini dipersembahkan untuk beberapa jenis penyakit keras, sulit disembuhkan dan mematikan. Salah satunya seperti Faopu.

Faopu adalah salah satu nama wabah penyakit yang pernah menggempar tanah Binongko. Wabah Faopu ibarat virus mematikan dan menular. Penderita seperti diserang penyakit kronis, lebam, bisul, bernanah, membusuk dan mengakibatkan kematian. Kasus ini pernah menimbulkan ratusan orang meninggal dunia di Pulau Binongko pada zaman itu.

Wabah Faopu atau virus Faopu pada saat itu merajalela dan mengerikan. Tidak ada obat tradisional lain yang mampu menyembuhkan. Lagu atau nyanyian Ande-ande adalah obat yang diandalkan saat itu hingga wabah tersebut benar-benar usai.

Bukan hanya itu, virus Faopu menurut kepercayaan orang Binongko juga bisa komplikasi dengan penyakit lain yang  tak terduga. Seperti Kanker, Tumor, atau beberapa penyakit lain dalam istilah bahasa Binongko disebut "Kadadi Da'o", Samadana, dan lainnya. 


Misalnya dengan kondisi kesehatan yang semakin memburuk dan diketahui ternyata komplikasi dengan Faopu maka jalan alternatifnya adalah menggunakan pengobatan tradisional dengan nyanyian Ande-ande.

Di pulau Binongko, ada istilah untuk kata "amit-amit" dalam bahasa Binongko yakni "somba Faopu ee".  Istilah amit-amit Somba Faopu ini awal mula dikenal dari peristiwa virus Faopu di pulau Binongko pada zaman dahulu.





Metode Pengobatan Tradisional Binongko dengan Lagu



Metode pengobatan tradisional pulau Binongko dengan Lagu Ande-ande ini sebenarnya merupakan warisan dari leluhur yang masih memiliki kepercayaan animisme pada zaman dahulu sebelum masuknya agama Islam.

Akan tetapi metode pengobatan tradisional dengan nyanyian Ande-ande ini masih banyak yang meyakininya hingga saat ini sebagai salah satu cara pengobatan alternatif tradisional. 

Dalam lirik lagu Ande-ande berisi ungkapan untuk membangkitkan jiwa yang sakit dan mengusir sumber penyakitnya, membangkitkan suasana hati secara alami termasuk meningkatkan kesehatan mental. Mungkin di era modern ini disebut dengan terapi musik dengan pendekatan terapeutik.

Bedanya, dalam metode pengobatan tradisional dengan nyanyian Ande-ande ini, selain dengan lirik untuk meningkatkan mental juga  terdapat permintaan untuk roh, serta lirik-lirik yang membawa aura mistis. Selain itu, nyanyian lagu Ande-ande juga hanya dapat dilakukan oleh orang-orang tertentu yang memahami aturan dalam lagu ini.  

Tidak sekedar bernyanyi, tetapi melaksanakan pengobatan tradisional dengan lagu Ande-ande juga diperlukan ritual khusus atau syarat tertentu yang haru dipenuhi. 

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*