Pentingnya Bahasa Inggris Bagi si Kecil, Begini Peran Orang Tua

Khafifa Alqut
5


Pentingnya bahasa inggris bagi si kecil. Itulah mengapa sebaiknya si kecil belajar bahasa inggris sejak dini. Hal ini juga diperlukan peran orang tua Agara anak dapat belajar dengan mudah, untuk itu si kecil bisa memilih rekomendasi tempat belajar bahasa inggris yang baik bagi si kecil seperti di aplikasi cakap
Bahasa Inggris adalah bahasa kedua yang paling penting dipelajari oleh anak atau si Kecil. Ini penting untuk menunjang masa depan mereka yang lebih baik seperti di karir, bisnis, pendidikan dan masih banyak lagi. Ada banyak manfaat belajar bahasa Inggris yang sebaiknya si kecil perlu pelajari sejak usia dini. Gambar by: tanrica/Pixabay



 Lebih dari 1 miliar orang di dunia menggunakan bahasa Inggris. Hal ini juga karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional, yakni sebagai bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia. 


Dengan demikian, bahasa Inggris sebagai bahasa global yang paling dasar untuk orang kuasai dan gunakan untuk berkomunikasi dengan orang diberbagai belahan negara, pengantar mencari ilmu di skala global, pendidikan, karir, dan lainnya.


Diera globalisasi ini, bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa asing yang wajib kita kuasai. Diera ini, peran bahasa Inggris cukup penting seperti kemampuan komunikasi internasional, pada bisnis, pendidikan, informasi dan teknologi, lainnya yang berstandar global pasti menggunakan bahasa inggris.


Meski kita tidak mampu meramal yang akan datang. Tetapi, anak-anak kita atau si Kecil perlu dipersiapkan sejak dini untuk belajar bahasa Inggris. 


Mungkin saja, tantangan mereka di masa depan dan kebutuhan akan bahasa Inggris juga jauh lebih penting terutama untuk karir dan pendidikannya. Jangan sampai kita menyesal nanti, kenapa si kecil tidak belajar bahasa Inggris sejak dini?


Salah satu manfaat luas dari belajar bahasa Inggris adalah dapat memajukan perekonomian negara. Dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik ini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Sebagai negara berkembang, tingkat kecakapan bahasa Inggris dari masyarakat Indonesia juga masih rendah.


Diketahui dari hasil yang dirilis oleh English First (EF) pada edisi tahun 2023 tentang skor Indeks Kecakapan Bahasa Inggris atau English Proficiency Index (EPI) menunjukkan bahwa Indonesia menduduki urutan ke 79 dari 113 negara dan wilayah terbesar di dunia, dan posisi ke 13 dari 23 negara di Asia.


Melihat fakta yang disebutkan dari hasil skor tersebut, Indonesia sebenarnya termasuk dalam posisi yang menghawatirkan dalam kemampuan bahasa Inggris tersebut. 


Ini juga salah satu alasan yang menghambat kemajuan perekonomian di Indonesia seperti kesulitan untuk bersaing dengan dunia luar, kemampuan komunikasi yang buruk dan masih banyak lagi. 


Tentunya, sebagai orang tua kita pasti memiliki harapan yang sama yakni agar anak-anak kita tumbuh terampil dan cerdas, memiliki wawasan yang luas dengan karir yang cemerlang di masa depan, mungkin juga menjadi salah satu generasi emas yang memajukan bangsa dan negara kita dimasa depan. 


Maka untuk mendukung itu, salah satunya adalah dengan belajar dan menguasai bahasa Inggris.




Kapan waktu yang tepat belajar bahasa Inggris?


Belajar bahasa Inggris tidak memiliki ukuran ataupun batasan bahwa hanya bisa dipelajari oleh usia tertentu. Siapapun dapat belajar bahasa inggris dan kapanpun kita ingin memulainya sebab tidak ada kata terlambat untuk itu, misalnya anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua.

Akan tetapi, waktu yang tepat dan lebih baik untuk belajar bahasa Inggris adalah dimulai dari sejak usia dini atau anak-anak. Karena ada banyak manfaat yang bisa didapat si kecil ketika belajar bahasa Inggris dimasa dini dibanding dengan belajar bahasa Inggris di usia remaja atau dewasa nanti.

Diketahui bahwa sejak usia 0-5 tahun merupakan usia ideal dan produktif bagi anak untuk mulai belajar bahasa, yakni memahami kosakata dan lainnya. Karena, diusia ini otak anak masih sangat bagus dan fleksibel dalam menyerap dan menerima bahasa baru. 

Sebenarnya saat usia 2-3 tahun, otak anak terus berkembang hingga mencapai 80% dari otak manusia dewasa. Hingga pada usia 5 tahun dan seterusnya otak anak akan terus berkembang dan menyamai ukuran otak orang dewasa. 

Pada usia seperti ini otak perlu dioptimalkan untuk mendukung kecerdasan otak anak yakni dengan memberikan nutrisi dan stimulasi yang baik. Salah satunya dengan belajar bahasa asing atau bahas baru.

Artinya, belajar bahasa Inggris sebaiknya diajarkan kepada anak-anak sejak dini minimal di usia 3-4 tahun keatas

Meskipun sebenarnya si kecil sudah dapat belajar memahami kosakata di usia 0-2 tahun, Namun sebaiknya dimasa ini adalah waktu bagi si kecil untuk belajar bahasa ibu terlebih dahulu.


Ada banyak manfaat belajar bahasa Inggris sejak dini bagi si kecil ketimbang belajar bahasa inggris di usia dewasa, sehingga penting untuk mengenal: Pentingnya Belajar Bahasa Inggris bagi si Kecil.





Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Bagi si Kecil 


Pentingnya belajar bahasa inggris bagi anak untuk itu butuh peran dari orang tua memperkenalkan bahasa inggris bagi anak. Ini juga penting bagi masa depan si kecil. Sehingga untuk belajar bahasa inggris yang mudah bagi si kecil maka bisa menggunakan aplikasi cakap nomor 1 di Indonesia
Gambar by: White77/Pixabay


Sejak usia 3 tahun pertama, otak si kecil akan berkembang lebih cepat hingga usia 5 tahun. Pada masa ini otak si kecil perlu di stimulasi dengan baik agar tumbuh menjadi anak yang cerdas dengan kemampuan yang baik. 

Jika tidak, maka otak anak akan bekerja dengan lamban. Salah satunya cara menstimulasi otak si kecil adalah dengan belajar bahasa asing atau bahasa inggris, hal ini dapat membantu daya ingat anak atau si kecil seperti menghafal kosa kata dan lainnya.


Berikut ini adalah pentingnya belajar bahasa Inggris sejak dini bagi si Kecil, yakni:


1. Bekal Masa Depan Anak


Kita tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi dimasa depan anak kita nanti. Tetapi kita dapat mempersiapkannya terlebih dahulu agar anak atau si kecil mampu menghadapi tantangan masa depannya yang mungkin saja akan jauh lebih sulit dari kehidupan kita saat ini. Salah satunya dengan membantunya belajar dan menguasai bahasa inggris.

Dimasa depan, bahasa inggris bukan hanya kebutuhan, tetapi kewajiban untuk dikuasai karena perannya sebagai bahasa internasional dan bahasa resmi di 53 negara serta telah diajarkan lebih dari 118 negara di dunia. 

Dalam karir, pendidikan, bisnis, akses informasi, komunikasi, dan masih banyak lagi yang menggunakan bahasa inggris akan memudahkan bagi si kecil jika belajar bahasa Inggris sejak dini.



2. Bantu Optimalkan Otak si Kecil


Belajar bahasa asing seperti bahasa inggris sejak dini bisa menjadi stimulasi untuk membantu optimalkan otak si kecil sejak usia dini. Usia 3-5 tahun misalnya, merupakan usia dimana otak anak mengalami perkembangan cukup pesat. 

Dengan belajar bahasa inggris sejak dini dapat meningkatkan kemampuan kognitif si kecil, seperti memberi latihan secara intensif terhadap keterampilan intelektual dan persepsi anak hingga membantu kinerja memori otak anak lebih baik. 



3. Peluang Karir Bagi Masa depan Si Kecil


Saat ini bahkan nanti, di beberapa tempat industri, perusahaan atau peluang pekerjaan yang dibutuhkan sebagian besar adalah yang mampu berbahasa asing seperti bahasa inggris sebagai salah satu syarat utamanya. 

Begitupun bagi si Kecil, di masa depannya nanti dengan memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik maka akan memudahkannya dan memiliki peluang karir yang lebih baik seperti di industri atau perusahaan besar dan bertaraf internasional.



4. Mendukung Kecerdasan Anak


Seperti yang disebutkan diatas bahwa salah satu manfaat penting dari belajar bahasa Inggris bagi si kecil adalah bantu optimalkan otak anak. 

Untuk diketahui, bahwa belajar bahasa Inggris juga memberi manfaat yang besar bagi otak anak termasuk dalam mendukung Kecerdasan anak atau si kecil, seperti:

  1. Belajar bahasa inggris dapat membantu anak atau si kecil dalam berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah. Hal ini dibentuk dari kemampuan anak dalam membedakan cara pengucapan, pelafalan kosa kata bahasa inggris yang ia mulai dengan konsentrasi dan perencaan yang baik di otak si kecil.
  2. Belajar bahasa inggris dapat membantu si kecil melatih otak, mengingat, membedakan, mengucapkan, memahami, sehingga memberi stimulasi pada otak yang terlatih secara aktif dan meningkatkan kemampuan atau kecerdasan si kecil.



5. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi si Kecil


Salah satu manfaat penting belajar bahasa Inggris terutama bagi si kecil adalah keterampilan komunikasi yang baik. Dengan kemampuan ini si kecil akan mudah berkomunikasi dengan siapapun baik secara global dengan penuh percaya diri. 

Keterampilan berbahasa asing seperti bahasa inggris ini juga akan mendukung kemampuan si kecil lainnya seperti kemampuan intelektual, sosial, hingga karakter si kecil. Keterampilan komunikasi bahasa inggris juga akan membuka banyak pintu interaksi sosial, interaksi digital, dan hal luar biasa lainnya.




6. Peluang Akademik


Salah satu manfaat belajar bahasa inggris adalah peluang akademik bagi masa depan anak. 

Si kecil nanti bisa masuk ke sekolah atau pendidikan unggulan, kesempatan melanjutkan pendidikan di luar negeri dan lainnya atau lebih tepatnya kemudahan untuk akses tempat pendidikan yang berkualitas baik di dalam negeri maupun luar negeri.




7. Si Kecil dapat memiliki Wawasan yang Luas


Belajar bahasa Inggris bukan tidak mungkin dapat membantu si kecil memiliki wawasan yang luas. Kemampuan si kecil dalam berbahasa Inggris dapat menjadi jembatan menuju gerbang dunia, memahami beragam informasi yang lebih luas tentang dunia internasional dan lainnya.




8. Bantu Si Kecil Tampil Percaya Diri 


Manfaat dari belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah dapat membantu si kecil tampil percaya diri dengan keterampilan komunikasinya yang baik, baik untuk saat ini hingga di masa depannya nanti

Mampu berbahasa Inggris dapat memberi kemudahan untuk berkomunikasi dengan siapapun bahkan berskala global, percaya diri mengambil kesempatan, aktif dalam percakapan dan antusias dalam memahami budaya lain.




9. Usia Si Kecil Sangat Mudah Belajar Bahasa 


Biar bagaimanapun si kecil bukanlah sekedar anak polos biasa. Mereka adalah kertas kosong yang siap diwarnai, otak si kecil di usia dini masih sangat fleksibel, daya serap dan ingatan yang kuat. 

Sehingga belajar bahasa asing seperti bahasa Inggris juga akan lebih mudah diajarkan dan dipahami oleh anak atau si kecil.

Ada yang mengatakan bahwa "anak adalah peniru yang baik". Itu benar, sehingga ini adalah salah satu alasan penting kenapa bahasa Inggris sebaiknya di ajarkan sejak dini kepada si Kecil. 

Dengan begitu, dia akan lebih mudah memahami konsep, kosakata, pengucapan dan lainnya. Ada banyak kemudahan belajar bahasa Inggris terhadap si kecil yang memiliki usia dini dibandingkan dengan anak yang lebih jauh diatas usianya.






Peran Orang Tua dalam Membantu Anak Belajar Bahasa Inggris 


Agar si kecil mudah untuk belajar bahasa Inggris adalah butuh peran orang tua bijak. Orang tua memiliki peranan cukup penting bagi si kecil agar mau belajar bahasa inggris dan memilih tempat belajar bahasa inggris yang tepat bagi si kecil misalnya dengan aplikasi cakap nomor 1 di Indonesia
Gambar by: finelightharts


Kita juga perlu memahami bahwa belajar bahasa Inggris bagi si kecil bukan hanya memperkenalkan bahasa kedua yang akan membantunya terampil berkomunikasi dan percaya diri. 

Tetapi, belajar bahasa Inggris juga baik untuk tumbuh kembang otaknya seperti membantu kemampuan kognitif, berpikir kritis, memecahkan masalah, stimulasi otak anak dan lainnya.

Sebagai orang tua pasti ingin memberikan parenting terbaik bagi anak. Salah satunya adalah dengan mengajarkan bahasa Inggris bagi si kecil sebagai bekal di masa depannya nanti.

Orang tua memiliki peranan cukup penting dalam hal ini, yakni memperkenalkan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari si kecil atau anak dirumah misalnya. Prosesnya harus dimulai dari tahapan demi tahapan sederhana agar anak atau si kecil tetap merasa nyaman dan mudah untuk belajar bahasa Inggris. 

Di satu sisi, menerapkan parenting untuk mengajarkan bahasa Inggris kepada anak mungkin tidak semua orang tua mampu. Bisa karena keterbatasan waktu, keterbatasan kemampuan, tidak ada skill mengajar, dan lainnya. 

Jadi, kita juga perlu memahami langkah-langkah atau tindakan yang tepat bagaimana cara mengajarkan dan memperkenalkan bahasa Inggris kepada si Kecil tersebut. Diantaranya sebagai berikut:




1. Gunakan Bahasa Inggris Sebagai Bagian dari Komunikasi Sehari-hari 

Salah satu cara memperkenalkan bahasa Inggris kepada si Kecil adalah dengan melibatkan bahasa Inggris dalam bentuk percakapan atau komunikasi sehari-hari. Komunikasi yang dimaksud adalah tidak perlu menggantikan bahasa ibu yang telah dikenal oleh anak sebelumnya. 

Tetapi, kita bisa menggunakan beberapa kosakata sederhana terlebih dahulu. Bisa dilakukan secara bertahap, perlahan sama seperti bahasa pertama yang diajarkan kepada anak atau si Kecil sebelumnya.



2. Bermain Sambil Belajar

Agar anak atau si Kecil tetap merasa nyaman untuk belajar bahasa Inggris, kita bisa melibatkan bahasa Inggris dalam bentuk permainan atau bermain sambil belajar. Disini kita juga berkesempatan menggunakan kosakata bahasa Inggris atau berdialog saat bermain tersebut. 

Bisa juga menggunakan bentuk permainan edukasi seperti Flash Cards dimana anak bisa mengingat informasi dari gambar-gambar tersebut lebih cepat.



3. Mengajak si Kecil Bernyanyi Bahasa Inggris 

Di usia si Kecil, mereka cenderung lebih tertarik dengan suara yang berirama seperti lagu. Sebagai orang tua, kita harus mengambil kesempatan ini  dengan membantu anak atau si Kecil mendengarkan lagu yang berbahasa Inggris atau mengajaknya bernyanyi lagu berbahasa Inggris. 

Selain membantu si Kecil dalam pendengaran kosakata juga dalam pengucapan dengan bunyi yang jelas.



4. Menonton Video Berbahasa Inggris 

Selain bernyanyi, si Kecil juga bisa di ajak menonton vidio berbahasa Inggris untuk merangsang kemampuan bahasa Inggrisnya. Jadi, anak atau si Kecil cenderung tertarik dengan gambar yang bergerak atau berupa vidio yang membuatnya semakin penasaran. 

Dengan begitu kita bisa memanfaatkannya agar anak bisa sambil menonton video juga sambil belajar agar dia tidak merasa jenuh belajar bahasa Inggris.

Contohnya kita bisa menyetel vidio kartun atau video bertema anak dan berbahasa Inggris dan bersifat edukatif buat anak atau si Kecil juga. 



5. Buat Jadwal Belajar Anak atau Si Kecil

Jadi, agar membuat anak atau si Kecil cepat dalam belajar bahasa Inggris kita juga perlu membuat jadwal belajar untuk si Kecil. 

Jadi, kita bisa mengajarkan si Kecil bahasa Inggris secara bertahap dan terkonsep. Sehingga anak juga bisa belajar teratur dan terarah bukan hanya belajar bahasa Inggris juga lainnya.



6. Anak atau Si Kecil ikut Kursus atau Les Bahasa Inggris 

Mungkin, kita sebagai orang tua si kecil dirumah kadang merasa sulit mengajarkan bahasa Inggris kepada anak, mungkin karena keterbatasan kemampuan, keterbatasan waktu, dan lainnya. 

Jadi alangkah baiknya agar anak atau si Kecil bisa cakap Bahasa Inggris secara baik, benar dan teratur adalah perlu diikutkan dalam les atau kursus bahasa Inggris.  

Si Kecil juga bisa belajar secara terarah dengan konsep yang tepat, mendapat bimbingan yang benar, termasuk dengan melatih keterampilan dan kognitifnya.



7. Orang Tua Perlu Memilih Tempat Kurus Atau Les Bahasa Inggris yang Tepat bagi Si Kecil

Sebagai orang tua bijak, kita perlu selektif dalam memilih tempat kurus yang tepat bagi si Kecil. Ada beberapa yang harus diperhatikan oleh orang tua bijak untuk memilih tempat kurus atau les bahasa Inggris bagi si kecil, yakni:

  1. Memiliki cara belajar yang nyaman bagi si kecil;
  2. Tahapan pembelajaran yang sesuai dengan usia si kecil;
  3. Biaya yang seimbang dengan kualitas yang didapatkan;
  4. Tenaga pengajar yang profesional;
  5. Memiliki sertifikat kelulusan;
  6. Tersedia layanan pembelajaran online;
  7. Memerhatikan ulasan atau rating dari pengguna;
  8. Metode pembelajaran yang beragam;
  9. Tempat kurus atau les yang terpercaya;
  10. Memerhatikan kurikulum yang digunakan. Dan lainnya.

Itulah beberapa poin penting yang perlu diperhatikan oleh orang tua bijak dalam memilih tempat kursus atau les Bahasa Inggris bagi anak atau si Kecil. Contohnya seperti  di CAKAP. 

Cakap adalah aplikasi les Bahasa Asing yang bersertifikat, tempat untuk Upskill praktis dan Upgrade Karir yang juga  memperoleh rekor Muri di tahun 2009 sebagai Aplikasi daring pertama belajar bahasa dengan interaksi dua arah secara langsung di Indonesia.


Aplikasi Cakap juga memiliki banyak kelebihan sehingga pantas direkomendasikan juga untuk tempat kursus  Bahasa Asing anak seperti les Bahasa Inggris, les bahasa Mandarin dan lainnya. 


Terutama bagi si kecil, ini adalah pilihan yang terbaik untuk les bahasa Inggris yang menyenangkan dengan metode belajar yang seru sesuai dengan tingkatan usia si Kecil. Ada banyak pilihan belajar bahasa asing di Cakap. Untuk si Kecil kita bisa memilih Cakap Kids Academy.




Apa itu Cakap Kids Academy?


Cakap Kids Academy adalah pilihan tepat untuk kursus bahasa asing si kecil dengan format kelas offline yang memberi banyak manfaat bagi si kecil lebih dari sekedar belajar bahasa asing salah satunya bahasa Inggris. 

Misalnya Si Kecil dapat melatih kemampuan kognitif, motorik, dan sensorik nya meliputi pembelajaran soft skill dan hard skill si kecil.


Di Cakap Kids Academy ini si Kecil dapat memiliki 2 kelas yang menarik dalam belajar bahasa asing seperti bahasa Inggris dan bahasa Mandarin, yakni:

  1. Kelas Bahasa: untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris si Kecil secara interaktif, dan
  2. Kelas Tematik: untuk mengasah kreativitas dan melatih kemampuan bahasa Inggris si kecil dengan kegiatan seni dan kerajinan tangan.

Saat pertama kali si Kecil bergabung untuk belajar dengan Cakap, si Kecil bisa mencoba Trial Class bersama Teacher secara GRATIS. 

Keren kan...! Lalu, si Kecil bisa melanjutkan registrasi dan memulai belajar bahasa Inggris di Cakap dengan baik dan akan diberi sertifikat kelulusan jika sudah selesai. 

Cakap Kids Academy juga dapat memberi penunjang pembelajaran bagi Si Kecil, seperti:

•Gymnastic:
Ini merupakan tempat atau sarana bagi si kecil untuk belajar secara aktif di cakap dan mendorong perkembangan si Kecil seperti belajar sambil bermain.


•Extra Class:
Misalnya di kecil memiliki tugas atau PR dari sekolah yang berkaitan dengan bahasa Inggris maka bisa menggunakan extra Class di cakap untuk berkonsultasi atau membantu mengerjakannya. Selain itu, jika si Kecil pernah tidak menghadiri kelas di Cakap, maka bisa menggunakan Extra Class bila si kecil ketinggalan materi di kelas.


•Pertemuan orang tua dengan Teacher:
Orang tua juga dapat memahami dan memantau progres dan perkembangan si Kecil saat belajar di Cakap dengan mengikuti sesi 1-on-1 dan membahas progres belajar anak bersama teacher.


•Wisuda dan Sertifikasi:
Si kecil yang sudah menyelesaikan pembelajaran di Cakap bisa merayakan selebrasinya dengan acar ceremony yang dihadiri oleh si Kecil dan Orang tua. si Kecil yang telah lulus ini akan diberikan sertifikat kelulusan dari Cakap.


Program bahasa Inggris yang diterapkan dalam Kids Academy ini juga sudah sesuai dengan CEFR (Common European Framework of Reference for Languages) dan terukur progresnya. Waktu pembelajaran, si Kecil bisa mengikuti 2 sesi dalam 1 minggu untuk 3 bulan pada setiap level pembelajaran. 

Selain itu, untuk pembentukan satu grup di klas cakap akan dibentuk berdasarkan kelompok usia yakni 4-6 tahun, sedangkan usia 6 tahun akan dikelompokkan berdasarkan hasil speaking placement test. Hal ini dilakukan agar si kecil dapat menerima materi pembelajaran yang nyaman dan tepat berdasarkan tingkatan usia dan kemampuan.





Tentang Cakap, Tempat Les Bahasa #1 di Indonesia 


Cakap.com merupakan tempat les bahasa asing terbaik dan terpercaya no satu di Indonesia
Logo by: Cakap.com



Cakap merupakan aplikasi belajar bahasa asing interaktif dengan kurikulum menarik dan seru, tempat untuk upgrade skill bahasa asing #1 di Indonesia mulai dari speaking, listening, writing dan lainnya. Tersedia pembelajaran les untuk anak-anak hingga usia dewasa.

Di Cakap, tersedia beragam kursus bahasa asing yang bisa di pilih seperti Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang dan Bahasa Korea. 

Cara belajar di Cakap juga tersedia secara offline dan online tergantung dengan cara pembelajaran yang diingkan peserta kursus sehingga lebih mudah dan tidak merepotkan.

Berikut ini adalah kelebihan belajar di Cakap, tempat les #1 di Indonesia yang membantu peserta dapat belajar  dengan mudah dan nyaman, yaitu:


1. Cara Belajar yang Fleksibel dan MultiPlatform


Di Cakap merupakan tempat les Bahasa yang fleksibel dan mempermudah peserta dapat melakukan les atau belajar dimana saja. Karena di Cakap memiliki metode bimbingan yang tersedia secara offline dan online. 

Aplikasi Cakap yang Multi Platform sehingga bisa di unduh di Play store atau App store yang mendukung peserta belajar berbagai keterampilan baru di mana pun dan kapan pun serta di berbagai platform baik di smartphone maupun desktop.




2. Cakap untuk Up Skill Praktis dan Upgrade Kemampuan 


Peserta dapat belajar berbagai hal di Cakap, seperti UpSkill dan Upgrade kemampuan mereka. Di Cakap bukan hanya tempat les bahasa asing #1 di Indonesia. 

Peserta juga bisa mengasah keterampilan mereka secara interaktif dengan para profesional baik di bahasa maupun bidang lain seperti teknologi, agrikultur, teknik, bisnis & manajemen, karir & peningkatan diri, media dan kreatif hingga pariwisata dan pelayanan.




3. Aplikasi Cakap sebagai tempat Les Bahasa Asing bukan Hanya untuk si Kecil


Cakap adalah pilihan tepat untuk kursus bahasa Inggris online anak, tapi bukan hanya itu. Peserta yang kursus di Cakap tersedia baik untuk si Kecil atau anak-anak dan usia dewasa.




4. Banyak Pilihan Program Belajar


Di Cakap terdapat banyak pilihan program belajar atau kategori langganan yang bisa peserta pilih sesuai keinginan. Misalnya, memilih kelas privat atau berkelompok, durasi waktu pembelajaran, memilih kursus bahasa yang disukai, kursus UpSkill, kursus untuk korporasi, Cakap Prakerja, Cakap Teacher Academy, dan lainnya.




5. Memiliki Teacher Berpengalaman 


Ini adalah yang paling diharapkan saat kita berencana les atau kursus dimanapun, yakni teacher yang berpengalaman. Karena belajar dengan teacher berpengalaman lebih mampu memberi kesan belajar yang nyaman, menarik, menyenangkan dan penyampaian materi yang mudah untuk dipahami. 

Begitupun di Cakap, para teacher berpengalaman ini dapat menghadirkan pengalaman belajar yang progresif dan efektif.




6. Aplikasi Cakap Tempat Les Bahasa Asing Terpercaya dengan Banyak Pencapaian


Salah satu kelebihan dari Aplikasi Cakap adalah bisa menjadi pilihan tempat les belajar bahasa asing terpercaya. Cakap telah memiliki lebih dari 500+ klien dan partner. Aplikasi Cakap juga telah memiliki banyak pencapain yakni:
  1. Masuk dalam daftar Forbes Asia 100 to Watch 2022;
  2. Pernah dipamerkan sebagai satu-satunya platform Edtech di WEF Indonesia Pavillion 2022;
  3. Mendapat rekor Muri sebagai Aplikasi Pembelajaran Online Bahasa Asing Dua Arah yang Pertama (2019);
  4. Terpilih sebagai salah satu startup berpengaruh di tahun 2019 oleh Next Indonesian Unicorn Internasional Summit 2019;
  5. Pemenang di Singtel Future Maker 2018;
  6. Sebagai Evangelist di Kompetisi Telkomsel The NextDev 2018;
  7. Menjadi Pemenang di Kompetisi Telkomsel The NextDev 2017 dalam kategori edukasi.




7. Biaya Murah dan Banyak Promo & Diskon


Di Cakap, peserta bisa memulai kelas atau les bahasa dengan harga murah, bahkan dapat mengikuti live webinar dari para profesional di bidangnya secara GRATIS. 

Misalnya, kamu bisa memulai belajar atau les bahasa Korea dengan harga mulai dari Rp 49.800,00/sesi, atau dengan promo belajar mulai perjalanan belajarmu hanya IDR 10.000 dari IDR 200.000

Di Cakap, kamu bisa menikmati banyak promo seperti Tunjangan Kerja Cakap hingga Rp 850.000,00 pada Maret-Juni 2024. Atau kamu bisa nikmati banyak promo lainnya dengan pilih menu promo yang tersedia di fitur aplikasi atau web Cakap.

Saat memulai bergabung di Cakap, bahkan kamu bisa mendapatkan promo diskon belajar hingga 25% dengan menggunakan kode refferal KHACKPSKYQHZX. Kode ini juga sebagai kode Voucher yang bisa kamu pakai saat ingin membeli paket belajar di Aplikasi Cakap. Caranya:

  1. unduh aplikasi Cakap di Play store atau App store.
  2. Registrasi terlebih dahulu, isi semua data diri yang diminta hingga kota tempat tinggal.
  3. Pilih menu Voucher yang tersedia di pojok kanan atas.
  4. Pilih terlebih dahulu bahasa apa yang ingin kamu pelajari atau kursus kan.
  5. Pilih metode belajar yang kamu inginkan. Misalnya Cakap Privat, Cakap Semi Privat, atau Cakap Club.
  6. Pilih kategori belajar yang kamu inginkan. Misalnya program umum atau persiapan tes. 
  7. Lalu pilih lihat paket terlebih dahulu. Dan akan tampil salah satu contohnya berikut:
Salah satu contoh paket pilihan belajar di aplikasi Cakap
Ini hanyalah salah satu contoh sederhana jika telah memilih paket yang anda inginkan, gambar ini adalah bagian dari kategori program umum-->Grammar Focus, ada beragam paket pilihan belajar yang bisa anda pilih sesuai jumlah sesi dengan harga masing-masing paket pembelajaran. Kamu bisa memilih 


•Selanjutanya kamu bisa pilih BELI pada paket yang diinginkan. Lalu akan tampil seperti gambar berikut:

Contoh cara memasukan paket kode voucher cakap untuk beli paket cakap
Sebelum melanjutkan pembayaran, kamu bisa pilih menu -voucher tersedia- seperti pada gambar yang dilingkari tersebut.
Cara masukan kode voucher cakap untuk melakukan pembelian paket
• masukan kode voucher seperti gambar tersebut lalu pilih tukar, selanjutnya tinggal bayar sesuai dengan nominal yang tersedia.

Pastikan bahwa kamu menggunakan kode voucher tersebut dengan benar agar bisa mendapat diskon dan hanya berlaku pada satu kali pembelian.




Tags

Posting Komentar

5Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*