7 Manfaat dan Peranan Teknologi bagi Pendidikan Anak

Khafifa Alqut
2

Ada banyak manfaat peranan teknologi terutama bagi pendidikan anak. Yang terpenting adalah cara kita sebagai orang tua memerhatikan anak agar pendidikan anak terawasi dengan baik di era kemajuan teknologi ini

Kemajuan Teknologi dan digital terus berkembang dari masa ke masa. Ini juga yang membawa pengaruh besar pada gaya hidup manusia. Dengan teknologi, membuat pekerjaan lebih ringkas. Mulai dari cara berbagi informasi, cara berkomunikasi, pekerjaan yang lebih efisien, hingga perubahan pada dunia pendidikan. 


Ada 2 sisi tentang kemajuan teknologi dan peranannya yakni memiliki dampak negatif dan positif. Kedua hal ini tergantung bagaimana cara bijak kita untuk menyikapinya. Tentunya jika disadari dan dimanfaatkan dengan baik, teknologi memiliki banyak peranan besar dan manfaat bagi kehidupan kita salah satunya dalam pendidikan anak misalnya.


Di era kemajuan teknologi dan digital ini, cara belajar anak juga perlu di sesuaikan. Anak di era digital saat ini lebih gemar pula untuk belajar dengan sistem digital dan daring. Sebab, aspek dan pengaruh teknologi ini juga membawa dampak pada kehidupan mereka saat ini. 


Misalnya, adanya perubahan perilaku pada anak yang lebih tertarik menyerap pembelajaran yang sudah diproses digital seperti gabungan vidio dan teks, audio dan gambar dan lainnya. 


Sehingga diera digital ini, kita sebagai orang tua juga dituntut untuk lebih peka dengan kebutuhan belajar anak. Dimasa mereka saat ini bukanlah masa pada saat kita menjadi anak-anak dahulu. Mereka memiliki konsep dan metode pembelajaran sesuai dengan dunianya saat ini.




Menjadi Orang Tua Bijak  di Era Kemajuan Teknologi untuk Pendidikan Anak

Menjadi orang tua di era modern dan kemajuan teknologi perlu dengan bijak dalam memberikan pelajaran dan bimbingan termasuk pada pendidikan anakIbu perlu tahu, bahwa anak bersekolah dan pelajaran yang diterimanya tidak akan masuk 100% ke otak anak. Artinya, di rumah kita perlu mengajarkan kembali kepada anak agar ia dapat mengingatnya kembali apa yang diajarkan guru mereka disekolah.

Akan tetapi, kita sebagai ibu bukanlah orang tua sempurna yang bisa mengendalikan semuanya. Meski kita pernah melalui bangku pendidikan yang sama dengan anak, tetapi di usia kita yang sekarang tidak semua mata pelajaran dimasa lalu bisa teringat kembali. 

Sehingga, terkadang sebagian orang tua butuh effort yang besar untuk menemani anak belajar di rumah. 

Kesimpulan kecilnya adalah, untuk bisa menemani anak belajar kita juga sebagai orang tua kadang perlu ikut belajar kembali agar dapat membimbing anak belajar dengan baik. 

Dengan kemajuan teknologi ini harusnya lebih memudahkan, orang tua perlu pandai dan bijak untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dan digital tersebut seperti dalam metode pendidikan anak untuk belajar. 

Misalnya mengakses informasi, materi pembelajaran, mencari referensi, dan menerapkan manfaat teknologi bagi pendidikan anak.


Ada beberapa manfaat dalam penerapan teknologi bagi pendidikan anak yakni sebagai berikut:




7 Manfaat Penerapan Teknologi bagi Pendidikan Anak 


Manfaat penerapan teknologi digital dalam pendidikan anak dapat membuka kesempatan belajar mereka menjadi luas dan imajinasi yang tak terbatas
Dengan teknologi, anak-anak dapat merasa memiliki jangkauan yang luas, imajinasi mereka berkembang dan ketertarikan mereka untuk belajar meningkat, sebab berangkat dari rasa penasaran dengan segudang tanya dan banyak teka-teki di otak mereka yang ingin segera mereka jawab dan tuntaskan.



Tidak ada salahnya jika anak-anak kita terlibat dalam kemajuan teknologi saat ini. Asalkan sebagai orang tua bijak adalah kita ikut mengawasi tindakan mereka agar tidak salah memanfaatkan teknologi. 

Dari segi positif, begitu besar manfaat teknologi bagi pendidikan anak. Berikut adalah 7 manfaat Penerapan Teknologi dalam pendidikan anak kita, yakni:


1. Akses informasi lebih cepat

Salah satu manfaat teknologi adalah untuk mengakses informasi lebih cepat. Hal ini didapat dari adanya kemajuan teknologi dengan internet. Informasi, edukasi, tutorial dan lainnya dapat ditembus hingga titik terjauh dalam dunia dapat dijangkau dan diakses dengan cepat berkat internet. 

Dengan begitu wawasan anak menjadi luas, dan membantu mereka mendapatkan akses materi pembelajaran yang lebih cepat pula.



2. Cara belajar mandiri

Dengan kemajuan teknologi saat ini, juga memiliki manfaat penting bagi pendidikan anak yakni anak-anak mampu belajar secara mandiri. Mulai dari pemecahan masalah, menemukan jawaban dan langkah untuk mengambil tindakan mereka dapat lakukan berkat bantuan teknologi dan digital. 

Dengan teknologi ini anak-anak dapat beradaptasi, menemukan informasi dan inovasi hingga mereka dapat atau mampu belajar secara mandiri baik di rumah atau di lingkungannya. Dengan catatan bahwa orang tua tetap dalam lingkaran anak-anak untuk mengawasi mereka.



3. Cara belajar online

Berkat teknologi saat ini, selain informasi anak-anak juga dapat mengakses cara belajar online, konten pendidikan, kursus, dan lainnya. Dengan begitu, mereka bisa belajar lebih banyak dan lebih maju dari sekedar metode pembelajaran tradisional yang kadang terbatas. 

Dengan menemukan cara belajar online, anak-anak dapat mengeksplore lebih banyak kemampuan dan minat mereka. 

Sebagai contoh, Kumon adalah tempat belajar online bagi anak yang praktis dan terpercaya di dunia. Kumon merupakan salah satu bagian dari manfaat penerapan teknologi bagi pendidikan anak yang dilakukan secara baik dan bijak.



4. Efisiensi waktu

Berkat adanya kemajuan teknologi ini, cara belajar anak juga menjadi lebih praktis dan cepat untuk menemukan informasi dan sumber belajar mereka. Sehingga, kita sebagai orang tua dan anak lebih mengefisiensi waktu ketimbang cara belajar anak secara tradisional. 

Seperti banyak hal yang dapat dilakukan dengan mudah berkat penerapan teknologi dalam pendidikan anak misalnya mudah untuk mencari referensi, mudah untuk berkomunikasi dengan rekan atau guru, mudah menyelesaikan tugas, dan masih banyak lagi.



5. Mengembangkan keterampilan 

Berkat teknologi yang dimanfaatkan dengan tepat, banyak hal yang dapat diraih oleh anak seperti mengembangkan keterampilan mereka. Bukan hanya semata belajar teori, mereka juga dapat menemukan ide dan mengeksplore kreatifitasnya serta mengembangkan keterampilan mereka. 

Misalnya menggambar, desain bahkan keterampilan komunikasi dan keterampilan teknis dan lainnya.


6. Meningkatkan literasi digital anak

Anak-anak yang sejak awal mengenal teknologi maka mereka akan menjadi melek teknologi. Dengan begitu dapat meningkatkan pula literasi mereka tentang teknologi dan digital. 

Bukan hanya itu, anak-anak yang sedari awal diperkenalkan dengan teknologi dan tak lepas dari pengawasan orang tua akan tumbuh menjadi pengguna digital yang cerdas seperti mampu membedakan informasi yang benar atau hanya hoaks dan lainnya. 

Anak-anak juga bisa lebih mampu berpikir kritis dalam menangkap informasi digital dan dengan bijak untuk merespon meski masih diusia dini.



7. Meningkatkan minat belajar anak

Dengan teknologi, anak-anak memiliki peluang untuk belajar banyak hal dan beragam. Sehingga, minat belajar anak menjadi meningkat. Dengan teknologi anak-anak dapat berinovasi dan berimajinasi serta banyak hal yang dapat membangun potensial mereka. 

Dengan begitu anak-anak semakin tertarik untuk belajar dan tidak merasa jenuh untuk belajar. 

Dengan teknologi juga anak-anak dapat menemukan cara belajar yang lebih baru dan segar sehingga mampu mengatasi kebosanan mereka dalam belajar, sebaliknya minat belajarnya menjadi meningkat.




Perkembangan teknologi memang memiliki sisi negatif, terutama bagi anak-anak cukup berbahaya jika salah pemanfaatan. Namun kembali lagi kepada sikap bijak kita sebagian orang tua. 

Harusnya, diera modern dan kemajuan teknologi ini anak-anak juga dapat menikmati manfaatnya. Karena mau tidak mau, mereka akan memperoleh dampaknya baik langsung atau tidak langsung.

Sehingga, langkah terbaik bagi kita orang tua dengan kemajuan teknologi ini adalah menerimanya dan mengambil sisi positifnya. Salah satunya dengan menerapkannya pada metode pendidikan anak. Dengan catatan bahwa orang tua harus tetap mengontrol mereka dengan baik.

Berangkat dari besarnya manfaat dari kemajuan teknologi bagi pendidikan anak jika diterapkan dengan baik, berikut adalah manfaat dari peranan teknologi bagi pendidikan anak berikut ini:




Peranan Teknologi bagi Pendidikan Anak



Peranan teknologi bagi pendidikan anak cukup penting diketahui oleh orang tua
Ilustrasi tentang anak belajar. Foto by: Klimkin/Pixabay 


Teknologi ibaratnya memiliki 2 sisi yang sama tajamnya. Keduanya memiliki pengaruh dan dampak yang besar. Jika salah dimanfaatkan akan cukup berbahaya bagi anak hingga dapat berpengaruh buruk kepada mental si anak.

Sebaliknya, teknologi jika dimanfaatkan dengan baik maka memiliki peranan baik cukup besar dan penting terutama bagi pendidikan anak saat ini. 

Peranan teknologi bagi pendidikan anak ini sebenarnya sebagian besar juga sudah dijelaskan diatas pada poin 7 manfaat penerapan teknologi bagi pendidikan anak. 

Selain itu, ada beberapa peranan penting teknologi terhadap pendidikan anak yakni:

  1. Jembatan penghubung ke jendela dunia,
  2. Cara belajar yang lebih efisien dan praktis,
  3. Metode belajar modern,
  4. Bantu anak lebih produktif
  5. Konsep belajar tak terbatas,
  6. Kesempatan untuk menciptakan masa depan anak.


 Peranan teknologi juga dapat membantu orang tua sejak dini menyiapkan atau menciptakan masa depan anak. Sejak usia dini, anak sebenarnya sudah dapat dibentuk dengan mempersiapkan mental dan pengolahan daya pikir dan otak anak. Hal itu akan menjadi bekal mereka di masa depan nanti.


Misalnya belajar bahasa asing sejak dini di Kumon atau belajar Matematika untuk meningkatkan kemampuan belajar anak dan perkembangan otak anak dan masih banyak lagi.
____________________


Nah, bicara tentang peranan teknologi bagi pendidikan anak untuk menciptakan masa depan anak, kita juga perlu mengenal pendidikan dasar bagi anak di usia dini untuk menyiapkan masa depan mereka tersebut.




Mengenal Pendidikan Dasar bagi Anak di Era Kemajuan Teknologi untuk Menyiapkan Masa Depan Anak



Pentingnya mengenal pendidikan dasar bagi anak terutama anak usia dini dengan memberikan pembelajaran pendidikan dasar anak
Ilustrasi tentang anak belajar dalam kelas, Foto by: Tima Miroshnichenko/Pexels


Sebagai orang tua bijak perlu tahu, bahwa anak-anak perlu belajar sejak usia dini tentang pendidikan dasar yang wajib mereka kuasai untuk menciptakan masa depan mereka yang lebih baik nantinya.

Terutama diera kemajuan teknologi dan peranan teknologi ini harus dimanfaatkan dengan baik agar anak sejak dini sudah dibekali kemampuan dasar sehingga mampu ia terapkan di kehidupan dan masa depannya nanti. 

Pendidikan dasar bagi anak yang perlu anak kuasai sejak dini untuk menyiapkan masa depan mereka yakni pendidikan atau pelajaran Matematika dan Bahasa Asing seperti Bahasa Inggris.

Berikut ini adalah alasan utama kenapa anak usia dini perlu belajar Matematika dan Bahasa Asing untuk menciptakan masa depan mereka yang lebih baik. Yakni:



Kenapa Anak Usia Dini Perlu Belajar Matematika?


Pelajaran Matematika merupakan salah satu pelajaran yang cukup penting dan bermanfaat yang dapat diterapkan di kehidupan kita sehari-hari, dilingkungan kerja, analisis data, membantu kita dapat membuat keputusan berdasarkan data, bahkan pada pembuatan teknologi modern membutuhkan teori dasar matematika.
 

Ini alasan kenapa pendidikan dasar matematika penting bagi anak usia dini

Meski banyak orang yang menganggap matematika itu rumit namun nyatanya ilmu matematika dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal di kehidupan kita seperti membantu dalam pemecahan masalah teknis, ilmu fisika, membuka peluang untuk berbagai pekerjaan dan masih banyak lagi. 

Itulah pentingnya kenapa kita perlu belajar matematika. 


Kenapa matematika perlu diajarkan kepada anak usia dini?

Karena anak usia dini pada dasarnya memiliki otak yang cukup baru dengan kemampuan menyerap ilmu lebih cepat. Namun, bukan hanya itu. Pentingnya belajar matematika bagi anak usia dini adalah sebagai berikut:

  1. Melatih kemampuan berpikir kritis anak;
  2. Melatih perkembangan otak anak;
  3. Melatih kemampuan analisis anak;
  4. Melatih kemampuan logika anak;
  5. Bekal untuk masa depan anak;
  6. Matematika dapat dimanfaatkan diberbagai bidang dan diterapkan di kehidupan kita sehari-hari.



Kenapa Anak Usia Dini Perlu Belajar bahasa Asing


Belajar bahasa asing seperti bahasa Inggris misalnya, memiliki peranan dan manfaat cukup penting di kehidupan kita. Selain memperluas wawasan, kemampuan berbahasa inggris juga dapat membuka peluang besar pada jenjang karir di masa depan. 

Selain itu, mampu berbahasa inggris juga dapat membuat kita bisa lebih tampil percaya diri, kemampuan komunikasi yang baik dan masih banyak lagi.


Kenapa anak usia dini perlu belajar bahasa asing (bahasa Inggris)?


Jelas bahwa mampu berbahasa asing terutama bahasa inggris sebagai bahasa internasional besar sekali manfaatnya terutama dalam pendidikan anak, yakni sebagai berikut:

  1. Melatih kemampuan berbahasa asing bagi anak;
  2. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak dengan baik;
  3. Sebagai bekal dan persiapan diri di masa depan;
  4. Peluang kerja lebih luas di masa depan;
  5. Memberi kemudahan dalam memahami pembelajaran dalam bidang lain;
  6. Membantu anak tampil percaya diri;
  7. Mendorong kecerdasan anak;
  8. Dan lainnya.

__________
Diera Kemajuan Teknologi ini, memahami peranan teknologi yang cukup penting terutama bagi pendidikan anak, berikut adalah rekomendasi atau tempat belajar anak yang tepat agar anak dapat belajar lebih mudah dan praktis terutama pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris, yakni KUMON.





Sekilas Tentang Kumon: Memiliki Metode Belajar yang Penting untuk Pendidikan Anak



Pentingnya menerapkan metode belajar Kumon bagi pendidikan anak, tepat dan benar


Kumon merupakan salah satu program belajar diluar sekolah yang sudah dikenal diseluruh dunia. 

Sebagai program belajar waralaba terpercaya dan bisa dinikmati secara nyaman oleh anak-anak karena memiliki metode pembelajaran dengan sistem yang tersusun seperti mengaitkan antara konsep, keterampilan dan cara belajar mandiri. 

Sebagai salah satu bagian dari manfaat dan peranan teknologi bagi pendidikan anak, kini pengguna Kumon sudah lebih dari 4 juta anak di 57 negara di dunia. Kumon pertama kali didirikan di Jepang pada tahun 1954 oleh Toru Kumon, awalnya untuk membantu anaknya Takeshi yang selalu mendapat nilai buruk pada mata pelajaran Matematika di sekolahnya. 

Kemudian, pada tahun 1974 kelas Kumon dibuka diluar Jepang pertama kali di New York, Amerika Serikat. Berkat metode pembelajaran di Kumon yang mudah dipahami oleh anak, sehingga kelas Kumon menyebar keberbagai belahan dunia termasuk Indonesia.

Ada 2 materi pembelajaran utama di Kumon yakni Matematika dan Bahasa Asing dan Pemahaman Bacaan Bahasa Ibu. Tujuan dari metode pembelajaran di Kumon adalah agar para siswa dapat mencapai materi SMA dengan belajar secara mandiri. 

Metode dan cara pembelajaran di Kumon cukup mudah dipahami karena menghadirkan bentuk atau contoh nyata serta cara belajar yang efektif.



Kelebihan belajar di Kumon di Era Kemajuan Teknologi 


Di era kemajuan teknologi, pendidikan anak dituntut sejak dini untuk memiliki cara belajar mandiri dan terampil. Di masa depan, mereka perlu memiliki bekal khusus untuk menghadapi tantangan dunianya. 

Salah satunya dengan bekal pendidikan dasar seperti matematika dan bahasa Inggris. Keduanya merupakan jenis materi pembelajaran yang penting dikuasai untuk menciptakan masa depan dan peluang karir yang lebih luas.

Sehingga, Kumon bisa menjadi rekomendasi tempat belajar atau bimbel Matematika anak dan Bahasa Asing atau Les Bahasa Inggris anak yang lebih efektif dan mudah dipahami. Berikut ini adalah kelebihan belajar di Kumon di Era Kemajuan Teknologi:


Cara belajar yang tersusun sesuai tingkatan usianya

Di Kumon anak-anak dapat belajar lebih ringan dan tanpa membebani otak anak untuk belajar karena mereka akan diajarkan secara tersusun dan teratur sesuai tingkatan dan usia anak. 

Metode belajarnya dimulai langkah demi langkah dan dimulai dari yang terkecil sehingga anak mudah untuk memahaminya.



Rencana Belajar Perseorangan

Jadi, anak tidak hanya belajar secara efektif seperti dikelas. Karena pembimbing Kumon juga akan membuat rencana belajar perseorangan agar anak-anak dapat belajar dengan tepat, dengan test penempatan untuk menentukan kemampuan yang dimiliki. 

Rencana belajar ini juga akan terus diperbaharui oleh pembimbing Kumon dan disesuaikan dengan peningkatan kemampuan anak.


Memiliki Pembimbing yang sudah Ter-kualifikasi

Jadi, para pembimbing di Kumon juga adalah orang-orang yang tepat, berkualitas dan memiliki kemampuan mumpuni untuk mengajarkan anak. Sebab para pembimbing ini sudah ter-kualifikasi dan menerima pelatihan khusus dari Kumon agar dapat mengajar dan membimbing anak sesuai dengan metode Kumon.



Meningkatkan Percaya Diri Anak

Belajar di Kumon dengan Metode Kumon yang ringan untuk dipelajari dan tersusun sesuai dengan tingkatannya membuat anak merasa nyaman untuk belajar dan percaya diri. Selain itu, anak akan merasa terapresiasi dengan kemampuannya sehingga anak giat dan tampil percaya diri belajar juga untuk dilingkungan sekitarnya.



Menumbuhkan Cara Belajar Mandiri Bagi Anak

Metode belajar di Kumon dimulai dari langkah sederhana dengan tingkatan tersendiri, bukan hanya untuk belajar metode Kumon juga untuk memupuk kemandirian anak untuk belajar. Seperti dilatih untuk mengerjakan test dan keterampilan anak untuk menjawab test, memahami konsep dan cara menganalisa lembar jawaban dan lainnya.




Meningkatkan Kemampuan Anak

Metode Kumon anak-anak akan dididik sesuai dengan tingkatan kemampuannya. Pembimbing Kumon juga akan memperhatikan dan menggali potensi serta kemampuan anak sehingga dapat di bimbing dengan test sesuai tingkatan kemampuannya tersebut, sehingga kemampuan anakpun akan terus meningkat.



Belajar dari Mana Saja, Kapan Saja dengan Kumon Connect

Tidak perlu khawatir, karena di Kumon kita bisa belajar secara online yang membuat kita lebih fleksibel menyesuaikan waktu dan tempat yang tidak merepotkan. Kumon Connect ini dapat memudahkan cara belajar dengan Kumon secara praktis dan efisien. 

Misalnya di Kumon anak bisa ikut les Matematika online atau kursus Bahasa Inggris online dengan Kumon Connect tersebut.



Belajar Kumon untuk semua Generasi

Kumon bukan hanya untuk anak-anak. Melainkan untuk semua generasi bisa belajar dengan Kumon. Metode belajar yang diterapkan oleh Kumon juga bisa dimanfaatkan oleh balita, anak-anak, dewasa hingga orang tua.



Tingkatan Pembelajaran yang Tepat

Di Kumon, pembimbing akan menggali potensi setiap anak untuk meningkatkan kemampuan akademik dan keterampilan anak dengan memberikan tingkat pembelajaran yang tepat dengan bahan pelajaran dan bimbingan yang tepat pula.



Rekomendasi tempat Bimbel Matematika anak dan Les Bahasa Inggris anak

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya tentang pentingnya peranan pembelajaran Matematika dan Bahasa Inggris dalam pendidikan anak. Salah satunya adalah untuk menciptakan masa depan cerah anak dengan bekal pendidikan dasar tersebut. 

Di Kumon, bisa menjadi tempat rekomendasi seperti bimbel Matematika anak dan Les Bahasa Inggris anak.

Metode pembelajaran Matematika di Kumon dibuat secara tersusun, langkah demi langkah sesuai tingkatan kemampuan anak sehingga anak dapat belajar dengan mudah. Tujuan dari metode pembelajaran Matematika di Kumon adalah agar anak dapat menguasai bahan pelajaran matematika setara SMA melalui belajar secara mandiri di Kumon. 

Bimbel Matematika anak di Kumon juga bisa dengan Les Matematika Online di Kumon Connect.

Les Bahasa Inggris anak di Kumon juga bisa dilakukan lebih praktis dan mudah dengan Kursus Bahasa Inggris Online di Kumon Connect. Sedangkan Metode Pembelajaran Bahasa Inggris di Kumon di bagi atas dua program pembelajaran yakni:

  1. Program Reading: Ini diperuntukkan bagi anak atau siswa yang pada dasarnya sudah menggunakan Bahasa Inggris untuk Komunikasi yakni sebagai bahasa utama. Sehingga dalam metode ini anak akan di bimbing agar lebih meningkatkan kemampuan dan pemahaman bacaan lebih tinggi dan baik secara mandiri. 
  2. Program English as a Foreign Language (EFL). Ini diperuntukkan bagi di siswa yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama atau komunikasi. Sehingga cara bimbingannya juga berbeda dengan Program Reading. Disini anak akan diajarkan dengan Program ELF ini memiliki 7 tahapan dengan masing-masing 3 level untuk diterapkan pada anak atau siswa. 


_________
Kumon memiliki tujuan untuk berkontribusi dengan Masyarakat Global Melalui Pendidikan Perseorangan. Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini menyebabkan peranan teknologi juga cukup kuat di kehidupan kita. 

Sehingga, selain kemampuan dasar anak perlu ditingkatkan untuk menyiapkan peluang karir dimasa depannya, cara belajarnya pun harus lebih fleksibel, dan tidak membebani tumbuh kembang anak. 

Nah, memahami peranan teknologi yang cukup penting saat ini di era modern terutama bagi pendidikan anak, Kumon juga cukup menyadarinya dan menghadirkan Kumon Digital untuk mempermudah siswa dan anak untuk belajar lebih mudah, praktis dan mandiri di rumah, dimana saja dan kapan saja. Kumon versi digital ini disebut dengan Kumon Connect. Dengan begitu anak bisa belajar atau Les Matematika Online dan Kursus Bahasa Inggris Online.

Materi pembelajaran dasar yakni Matematika, pemahaman bahasa ibu dan Bahasa Inggris merupakan modal dasar untuk masa depan anak nantinya, seperti peluang untuk karir, keterampilan komunikasi, kemampuan analis, logika, ilmu fisika dan teknologi dan masih banyak lagi.

Hebatnya Kumon bukan hanya untuk anak usia dini, dari balita sampai orang tua dapat menggunakan metode pembelajaran di Kumon. Berkat metode pembelajaran di Kumon ini, membuatnya menjadi terkenal di berbagai negara di dunia. Salah satunya di Indonesia.





Tags

Posting Komentar

2Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*