Kenali, Air Tajin Bukan Air Bekas Mencuci Beras! Ini Perbedaannya

Khafifa Alqut
0
Perbedaan air leri sebagai air bekas mencuci beras dan air tajin. Artinya air tajin itu bukan air bekas mencuci beras
Jangan samakan, air tajin itu bukan air bekas mencuci beras meskipun keduanya sama-sama dihasilkan dari beras.


Sering disalah artikan. banyak orang yang bilang air tajin adalah sama dengan air bekas mencuci beras. Padahal, nyatanya memang berbeda.

Jadi, mari kita kenali ternyata air tajin itu berbeda dengan air bekas mencuci beras meskipun sama-sama merupakan bagian dari beras.

Untuk menghindari kesalahpahaman pengertian air tajin yang selalu disamakan dengan air bekas mencuci beras maka perlu kita simak perbedaan air tajin dan air bekas mencuci beras ini.


Perbedaan Air Tajin dan Air Bekas Mencuci Beras


Beras adalah salah satu makanan pokok di negara kita Indonesia. Sehingga kata beras adalah hal yang mungkin akan selalu kita dengar sehari-hari.

Beras ini jika dimasak maka akan menjadi nasi. Nasi inilah yang sering kita konsumsi sehari-hari sebagai makanan pokok.

Dalam proses memasak nasi, ada istilah-istilah tertentu yang biasa kita dengar di masyarakat seperti air tajin, air Leri, dan lainnya.

Termasuk dengan beberapa pengetahuan dan penelitian tentang oh ternyata air bekas mencuci beras juga bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Sehingga, banyak pula pemahaman masyarakat kita yang menyebut:

"air bekas mencuci beras itu sama dengan air tajin. Itu memiliki khasiat bagi kesehatan".

Padahal yang benarnya adalah air tajin dan air bekas mencuci beras itu memang keduanya memiliki manfaat bagi kesehatan tetapi air tajin dan air bekas mencuci beras itu berbeda. Jelas tidak sama.

Perbedaan ini nanti kita akan simpulkan setelah memahami pengertian masing-masing dari air tajin dan air bekas mencuci beras yakni sebagai berikut:




Pengertian Air Tajin


Air tajin itu berbeda dengan air bekas mencuci beras ya, untuk diperhatikan ini penting sekali
Ilustrasi tentang air tajin yang diambil saat nasi yang dimasak sedang mendidih


Air tajin merupakan bagian dari beras. Disebut juga air beras tapi bukan air bekas mencuci beras. Air tajin adalah air yang bisa didapatkan pada saat kita memasak nasi.

Pada saat nasi telah mendidih hingga airnya sekitar 1/4, air yang menghasilkan cairan yang berwarna putih dan muncul ketika air nasi mendidih itulah yang disebut air tajin.

Biasanya air tajin juga dapat digunakan sebagai pengganti susu untuk bayi meskipun kandungan gizinya tidak sebanding dengan susu.

Tetapi, air tajin ini mengandung karbohidrat tinggi. Sehingga diketahui dapat digunakan sebagai pengganti susu sementara.

Selain itu air tajin juga punya banyak khasiat bagi kesehatan tubuh manusia karena kandungan nutrisi baiknya. Dikutip dari artikel Halodoc tentang Kandungan Air Tajin disebutkan bahwa air tajin mengandung nutrisi penting antara lain:

  • Protein sebesar 16 persen.
  • Lipid sebesar 10 persen.
  • Trigliserida sebesar 10 persen.
  • Pati sebesar 9 persen.
Ternyata air tajin juga dikenal memiliki banyak khasiat atau manfaat bagi kesehatan tubuh manusia seperti dapat mengobati asam lambung, atasi sembelit, mengatasi dehidrasi saat diare, menjaga kesehatan jantung dan masih banyak lagi.



Pengertian Air Bekas Mencuci Beras

Air Leri adalah istilah untuk air bekas mencuci beras. Jadi pada saat kita hendak memasak nasi, terlebih dahulu beras yang disiapkan harus dicuci terlebih dahulu. Maka, air bekas mencuci beras itulah yang disebut air leri.


Air leri adalah istilah untuk air bekas mencuci beras. Air leri ini tidak sama dengan air tajin
Contoh air bekas mencuci beras (air Leri). Photo by Queenfiles



Namun, sayangnya sebagian orang masih menyebut air bekas mencuci beras itu adalah disebut air tajin. Padahal, keduanya sangat berbeda.

Sama seperti air tajin, air leri atau air bekas mencuci beras juga memiliki khasiat bagi kehidupan manusia. Seperti perawatan kulit dan rambut. Uniknya, air bekas mencuci beras juga bahkan dapat digunakan sebagai bahan pupuk organik cair.



Penjelasan Perbedaan Air Tajin dan Air Bekas Mencuci Beras


Sebagian besar masyarakat kita masih mengenal istilah air tajin sebagai air bekas mencuci beras. Padahal keduanya adalah hal yang berbeda.




Berikut adalah perbedaan antara air tajin dan air leri (air bekas mencuci beras) yakni:


1️⃣ Air tajin adalah air yang berupa cairan berwarna putih yang dihasilkan pada saat nasi yang dimasak mendidih. Sedangkan air bekas mencuci beras merupakan limbah atau air bekas, kotor hasil mencuci beras.

2️⃣ Air Bekas Mencuci Beras memiliki istilah Air Leri, bukan Air tajin.

3️⃣ Air tajin dihasilkan saat sedang memasak nasi, sedangkan air leri dihasilkan sebelum memasak nasi yang air kotor bekas mencuci beras.

4️⃣ Air tajin merupakan air dari proses beras yang sudah dimasak, jadi bisa juga digunakan untuk pengganti susu bayi sementara, tetapi air Leri (air bekas mencuci beras) adalah air kotor yang tidak layak untuk dikonsumsi.

5️⃣ Air Tajin dapat dikonsumsi untuk obat alami, sedangkan air Leri hanya dapat dimanfaatkan pada perawatan diluar tubuh dan tidak di konsumsi.


Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa air tajin dan air leri (air bekas mencuci beras) itu tidak sama atau berbeda.

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*