6 Manfaat Ciptakan Keamanan Data Aplikasi Mobile dengan Penetration Testing by Widya Security

Khafifa Alqut
0

Menciptakan keamanan data pada aplikasi mobile dengan Penetration Testing merupakan hal yang cukup penting. Meski sebenarnya, pentingnya menjaga keamanan data itu tidak hanya pada aplikasi mobile saja, bisa juga pada website, sistem dan jaringan atau lainnya.


Namun kali ini akan dibahas lebih detail tentang pentingnya menciptakan keamanan data pada aplikasi mobile dengan menerapkan strategi-strategi yang baik dalam menciptakan keamanan data tersebut pada aplikasi mobile dengan Penetration Testing.

Menurut saya, menciptakan strategi bagi keamanan data pada aplikasi mobile dengan Penetration Testing ini merupakan hal yang cukup serius dan penting. Sebab, aplikasi mobile merupakan yang paling banyak diminati dan digunakan oleh banyak orang bila dibandingkan dengan website, sistem atau jaringan.

Penggunaan aplikasi mobile ini menjadi sangat populer dari tahun ke tahun terutama karena kepraktisannya. Bahkan, hampir setiap perusahaan memiliki aplikasi mobile untuk mendukung pelanggan berinteraksi lebih dengan dengan perusahaan.

Manfaat Ciptakan Keamanan Data Aplikasi Mobile dengan Penetration Testing by Widya Security


Aplikasi mobile ini merupakan sebuah perangkat lunak dimana bentuk pengoperasiannya bisa berjalan di perangkat mobile. Perangkat mobile yang dimaksud seperti Smartphone, Tablet, iPad, dan lainnya. Bukan hanya itu, sistem pengoperasian ini juga dapat mendukung jenis perangkat lunak seperti standalone.


Di kehidupan sehari-hari, kita biasa menjumpai beberapa contoh aplikasi mobile ini yang ada di smartphone kita seperti WhatsApp, aplikasi Online Shop, Ojek Online, beberapa aplikasi media sosial seperti Facebook, Twitter dan lainnya.


Tentang aplikasi mobile ini, pernah anda berpikir untuk bagaimana dapat membuatnya? Jika sudah membuatnya, bagaimana cara menjaga keamanan datanya?


Nah, ini yang perlu diperhatikan dalam membuat aplikasi mobile. Salah satunya adalah menjaga dan memperhatikan resiko dan keamanan data pada aplikasi mobile tersebut yang bisa saja menjadi target utama serangan cyber sehingga menyebabkan masalah keamanan data ini menjadi hal yang amat krusial.


Perlu diketahui, ancaman serangan cyber di era digital ini justru semakin marak berbanding dengan pertumbuhan banyaknya aplikasi mobile yang sudah menjadi trend di akhir-akhir ini. Meskipun, serangan cyber tidak hanya pada aplikasi mobile, tetapi pada sistem jaringan, website dan lainnya.


Tetapi, sepertinya pengguna aplikasi mobile menjadi sasaran empuk para hacker sebab, saat ini pengguna dan pembuat aplikasi mobile semakin meningkat tiap tahunnya. Ada beberapa alasan semakin melonjaknya aplikasi mobile di Indonesia, yakni sebagai berikut:

  • Penetrasi pasar;
  • Aplikasi mobile lebih praktis bagi pengguna;
  • Membangun brand bisnis;
  • Menghadapi persaingan bisnis,
  • Meningkatkan pengalaman pengguna;
  • Tampil profesional,
  • Dan masih banyak lagi.


Dalam mengatasi masalah keamanan data pada aplikasi mobile ini maka penting pula disadari tentang cara menciptakan keamanan data pada aplikasi mobile tersebut yakni dengan melakukan 'pentest' atau Penetration Testing.


Penetration Testing (Tes Penetrasi) ini merupakan semacam simulasi nyata terhadap pengujian keamanan pada sistem komputer, jaringan dan lainnya untuk mengevaluasi atau mencari celah kelemahan pada sistem guna mencegah masuknya serangan cyber atau terjadinya hacking.


Sehingga untuk membuat atau menciptakan aplikasi mobile memang sangat perlu dan penting sekali untuk melakukan Penetration Testing Aplikasi Mobile untuk keamanan dan serangan cyber yang makin marak.


Saya teringat dengan salah satu kasus beberapa waktu lalu, yang katanya data para pengguna Facebook bocor diduga telah dibobol oleh seorang hacker. Kebayang kan? Inilah alasan kenapa penting buat menciptakan keamanan data pada aplikasi mobile dengan Penetration Testing. Terlepas benar atau tidak, hal ini menjadi bentuk pembelajaran bahwa kehati-hatian itu perlu terutama memiliki kesadaran awal tentang pentingnya menciptakan keamanan data baik pada aplikasi mobile, website, jaringan dan lainnya.



6 Manfaat Ciptakan Keamanan Data Aplikasi Mobile dengan Menerapkan Penetration Testing


Ada banyak sekali manfaat menciptakan keamanan data dengan menggunakan Penetration Testing untuk aplikasi mobile karena termasuk menjaga keamanan data, melindungi privasi dan masih banyak lagi. Penetration Testing ini disebut juga Pentest.


Masalah kebocoran data terutama pada aplikasi mobile bukanlah hal sepele, masalah ini bahkan rentan mempengaruhi keamanan data yang bahkan berhubungan langsung dengan sistem dan data perusahaan.

Pentingnya menerapkan Pentest atau Penetration Testing pada aplikasi mobile karena fungsi ini tidak hanya pada perlindungan keamanan data pada aplikasi mobile saja, tetapi juga pada keamanan data pengguna. Dimana pengguna adalah point' utama kebergunaan suatu aplikasi atau tidak.

Perihal menerapkan Penetration Testing pada aplikasi mobile adalah sebuah langkah paling bijak terutama dalam menjaga kemungkinan keamanan data yang rentan oleh serangan cyber.

Begitupun kita atau siapapun yang hendak membuat atau berencana menciptakan sebuah aplikasi mobile baru dan lainnya, maka perlu untuk memperhatikan dan pertimbangan masalah keamanan data yang mungkin saja terjadi dan perlindungannya terhadap para cyber atau hacker.

Istilahnya "sedia payung sebelum hujan". Jadi sebelum terjadi penyerangan kita sudah melindungi aplikasi mobile kita terlebih dahulu setelah indentifikasi masalah dengan Penetration Testing tersebut. 

Atau bahasa lainnya Penetration Testing ini sebagai bentuk "jaga-jaga"  sebagai bentuk waspada lebih awal terhadap serangan. Meski begitu, ini bukan persoalan sepele, sebab bentuk serangan yang merusak dan merugikan data aplikasi ini bisa terjadi kapanpun dan akan selalu mencari celah dan titik kelemahannya.

Untuk langkah tersebut maka penting untuk menerapkan Penetration Testing terlebih dahulu pada aplikasi mobile. Berikut ini adalah 6 Manfaat Ciptakan Keamanan Data Aplikasi Mobile dengan Penetration Testing, yakni:


1. Identifikasi Potensi Kelemahan Sistem

Salah satu manfaat menciptakan keamanan data aplikasi mobile dengan menerapkan Penetration Testing adalah untuk dapat mengidentifikasi potensi kelemahan sistem aplikasi sebelum terjadi penyerangan dari cyber.

Jadi dengan menerapkan Penetration Testing ini, pihak tester dapat melakukan tindakan pengamanan lebih dahulu sebelum mendapat serangan karena celah permasalahan pada aplikasi yang rentan penyerangan tersebut dapat teridentifikasi dari awal setelah melakukan Pentest. Bukan hanya soal kerentanan data yang dicuri, mendeteksi penyusup dan lainnya.


2. mengetahui Kelayakan sebuah Aplikasi Mobile

Saya yakin siapapun setuju jika saya menyebut sebuah aplikasi mobile yang layak adalah yang terlindungi, aman dan tidak rentan terhadap serangan. Jadi dengan Penetration Testing ini pihak tester dapat melakukan pengujian atau test terlebih dahulu, dengan begitu pihak tester dan perusahaan bisa melakukan langkah pencegahan untuk memitigasi risiko keamanan.

Dengan terlindunginya sebuah aplikasi mobile dari serangan terutama terjaganya keamanan baik data maupun privasi dari pihak pengguna dan atau perusahaan, maka sebuah aplikasi mobile tersebut baru bisa disebut layak untuk digunakan.


3. Mencegah downtime layanan

Gangguan serangan cyber pada aplikasi bukan hanya soal keamanan data. Tetapi juga mempengaruhi masalah sistem dan layanan pada aplikasi mobile tersebut. 

Serangan ini dapat menyebabkan gangguan pada layanan dan menyebabkan downtime layanan aplikasi mobile. Sehingga, terganggunya sistem juga mengakibatkan kerugian baru bagi perusahaan dan lainnya. 

Dengan menggunakan Penetration Testing ini manfaatnya juga adalah untuk sesegera mungkin dapat mencegah masalah downtime layanan tersebut. Artinya, pihak perusahaan telah memiliki kesadaran keamanan aplikasi lebih awal terhadap potensi ancaman dan praktik keamanan yang mungkin terjadi. Sehingga sistem dan layanan pada aplikasi tetap berjalan lancar dan tidak downtime atau lambat karena gangguan dari serangan cyber tersebut. 


4. Menjaga Citra Perusahaan

Memiliki aplikasi yang rentan terhadap gangguan keamanan jelas akan memberikan citra buruk bagi perusahaan terutama pada kepercayaan pengguna aplikasi mobile tersebut. 

Untuk itu, sangat perlu dan penting sekali menerapkan Penetration Testing secara berkala untuk tetap menjaga keamanan data pribadi dan perusahaan termasuk di era digital ini. Begitupun bagi pelanggan tentu akan sangat memperhatikan dan memahami pentingnya menjaga data dan privasi mereka, sehingga masalah keamanan pada sebuah aplikasi akan menjadi pertimbangan utama bagi pengguna  hingga penilaian baik atau buruk terhadap citra perusahaan yang menaunginya.

Sekaligus pihak pelanggan yang mengetahui jejak perusahaan yang menerapkan Penetration Testing secara berkala juga menjadi nilai plus dalam meningkatkan kepercayaan dan meningkatkan citra baik bagi perusahaan.


5. Kepatuhan dan Regulasi

Sudah menjadi aturan jika pihak perusahaan atau organisasi menjaga keamanan data penggunaan aplikasi mobile ataupun website-nya. Data pengguna adalah bagian privasi yang tidak boleh bocor, sehingga harus benar-benar dijaga dan dilindungi oleh pihak organisasi atau perusahaan yang membangun aplikasi tersebut.

Penetration Testing sudah menjadi bagian dari suatu syarat kepatuhan yang berkaitan dengan regulasi keamanan data dan standar industri. Dengan begitu, Penetration Testing menjadi bentuk simulasi nyata bagi suatu perusahaan untuk melakukan rangkaian pencegahan ancaman dan serangan cyber. 


6. Meminimalisir Potensi Serangan cyber

Dengan menciptakan keamanan data pada aplikasi mobile dengan menerapkan Penetration Testing ini setidaknya dapat meminimalisir adanya potensi serangan cyber. Yakni, dengan penerapan Penetration Testing ini kita dapat mengenal resiko ancaman di awal dengan memahami dan menemukan titik celah atau bagian yang rentan terhadap serangan.

Dengan begitu kita pihak organisasi atau perusahaan sudah dapat menyiapkan taktik dan strategi sebagai benteng yang lebih kuat sekaligus dapat mengambil keputusan perbaikan secara proaktif untuk dapat meminimalisir Potensi serangan para cyber tesebut.




Ciptakan Keamanan Data dengan Penetration Testing untuk Aplikasi Mobile  by Widya Security 


Manfaat menggunakan untuk menciptakan keamanan data pada aplikasi mobile dengan Penetration Testing by Widya Security ini sangat penting dan bermanfaat sekali dan berbeda dengan layanan Penetration Testing lainnya

Untuk melakukan Penetration Testing pada sebuah aplikasi mobile atau website ternyata tidak boleh dilakukan sembarangan atau memilih penyedia layanan Penetration Testing tanpa pertimbangan.

Sebab, ancaman serangan cyber bukan main-main dan bisa saja menimbulkan kerugian yang cukup besar dan kebocoran data hingga mempengaruhi sistem, layanan dan jaringan yang berkaitan dengan perusahaan. Jadi, yang kita butuhkan adalah layanan Penetration Testing yang memiliki ketahanan handal, terpercaya dan mampu di bidangnya.

Seingat saya, biaya untuk menggunakan layanan Penetration Testing untuk aplikasi, website, jaringan dan lainnya ini membutuhkan biaya yang cukup banyak. Sehingga, cukup merugikan jika ternyata harus memiliki partner yang tidak memberi hasil naik dan seimbang. 

Sehingga, untuk layanan Penetration Testing ini kita membutuhkan yang kompeten dan lengkap seperti layanan Penetration Testing by Widya Security.

Widya Security bisa menjadi rekomendasi penting saat mencari jasa penyedia layanan untuk menciptakan keamanan data pada aplikasi mobile dan lainnya dengan Penetration Testing ini, sebab memiliki kriteria yang cukup dan baik untuk disebut jasa penyedia layanan Penetration Testing terbaik.

Ada beberapa alasan yang cukup kenapa harus memilih layanan Penetration Testing by Widya Security. Berikut ini adalah manfaat menciptakan keamanan data pada aplikasi mobile dengan Penetration Testing by Widya Security, yakni sebagai berikut: 

____________________

Memiliki berbagai ahli

Widya Security juga sebagai perusahaan yang menyediakan layanan Penetration Testing ini juga telah memiliki berbagai ahli yang berpengalaman di bidang nya
Widya Security sebagai perusahaan penyedia layanan Penetration Testing ini diketahui memiliki para tester yang di berbagai ahli dan berpengalaman. Sebagai manfaat ciptakan keamanan data pada aplikasi mobile dengan Penetration Testing by Widya Security adalah akan ditangani oleh para tester yang profesional dan handal di bidangnya.


____________________

Sudah memiliki sertifikasi

Widya Security sebagai perusahaan layanan Penetration Testing yang lengkap terpercaya sudah tersertifikasi Internasional
Widya Security juga sebagai perusahaan layanan Penetration Testing ini sudah tersertifikasi Internasional. Sebagai manfaat kedua dari menciptakan keamanan data pada aplikasi mobile dengan Penetration Testing by Widya Security adalah pelayanan dengan perusahaan yang sudah terbukti dan terpercaya dengan sertifikasi para tester yang sudah berstandar Internasional. 


____________________

Layanan Penetration Testing lengkap 

Layanan Penetration Testing by Widya Security ini merupakan layanan yang lengkap seperti yang berbasis aplikasi mobile, website, server, dan jaringan. Sebagai manfaat lain ciptakan keamanan data pada aplikasi mobile dengan Penetration Testing by Widya Security adalah penyediaan layanan yang lengkap tidak hanya berbasis pada aplikasi mobile saja tetapi juga lainnya.


____________________

Sepaket Layanan Keamanan Data

Dari Widya Security ini tidak hanya menyediakan Penetration Testing (VAPT), tetapi juga layanan Vulnerability Assessment. Keduanya merupakan layanan yang sepaket untuk mengatasi masalah keamanan data.  Keduanya pun memiliki fungsi masing-masing dan saling menyempurnakan.


_____________________

Paket layanan lengkap yang dibutuhkan untuk Pentest

Widya Security memiliki paket lengkap yang sangat diperlukan terutama dalam membuat strategi efektif sebelum menerapkan Pentest untuk menciptakan keamanan data pada aplikasi mobile. Seperti Layanan:
  • Cyber Security Academy
  • Cyber Security Training
  • Cyber Security Consulting and Advisory
  • Cyber Security Analytic
  • Digital Forensics and Incident Response




Tentang Widya Security

Widya Security, sebagai perusahaan penyedia layanan yang berbasis di Yogyakarta ini merupakan penyedia layanan Vulnerability Assessment and Penetration Testing (VAPT) terpercaya dan terbaik dengan moto: 
Menghadirkan Solusi Keamanan Data Terbaik untuk Perusahaan Anda.

Dalam melakukan pengujian atau test, Widya Security ini melakukan pengujian mendalam dengan metode OWASP, CWE-MITRE, dan OSSTMM ISECOM untuk sistem Aplikasi Mobile, Website, Server, dan Jaringan. Yang tidak kalah penting, Widya Security ini sudah memiliki sertifikasi Internasional, hal ini karena Tim profesional Widya Security sudah bersertifikasi internasional EC-Council dan berpengalaman dalam menangani keamanan data selama lebih dari 10 tahun. Keren bukan?

Nah, bagaimana soal harga? Tentu Widya Security juga menyediakan harga layanan yang bersaing dan jelas terjangkau dibanding dengan para tester yang sudah ahli dan berpengalaman_________





Strategi Keamanan Data pada Aplikasi Mobile dengan Penetration Testing


Strategi Keamanan Data pada Aplikasi Mobile dengan Penetration Testing

Menerapkan Penetration Testing ini merupakan strategi keamanan data pada aplikasi mobile sebagai salah satu langkah terbaik. Lebih baik lagi jika menggunakan jasa layanan Penetration Testing by Widya Security, karena perusahaan ini memiliki paket lengkap dan para tester handal berpengalaman serta bersertifikasi Internasional. Ini memang hanya rekomendasi, tapi patut anda coba😊


Bentuk strategi keamanan data pada aplikasi mobile dengan menggunakan Penetration Testing ini merupakan langkah yang bijak sebab Penetration Testing ini sebagai bentuk uji atau simulasi nyata terhadap serangan dengan tujuan untuk meningkatkan dan mengevaluasi serta mengidentifikasi titik kelemahan dan potensi serangan yang mungkin saja terjadi.


Strategi keamanan data pada aplikasi mobile dengan menerapkan Penetration Testing juga berguna untuk meningkatkan kesadaran awal memproteksi aplikasi mobile sebelum lebih dulu terjadi serangan cyber.


⚫Cara untuk melakukan pengujian keamanan data pada aplikasi mobile dengan menerapkan Penetration Testing ini adalah sebagai berikut:



Pengujian Eksternal

Tujuan pengujian Eksternal ini adalah untuk mengakses data-data yang berharga dan penting. Kemudian, cara pengujiannya dilakukan dari luar sistem atau secara eksternal yakni dengan memanfaatkan email, aplikasi website, ataupun domain name server (DNS).


Pengujian Internal

Selain dengan melakukan jenis uji eksternal, pada penerapan Penetration Testing ini juga dilakukan dengan melakukan pengujian internal yakni menggunakan pola pikir pihak internal. Guna untuk menguji jika ada kemungkinan penyusup dari pihak internalnya dan seberapa besar kemungkinan kerusakannya pada sistem.


Pengujian Tertarget

Pada pengujian yang tertarget ini terdapat kerjasama antara pihak tester dan personil sistem keamanan dengan masing-masing melakukan serangan sebagai upaya untuk uji dan tindakan antisipasi. Ini juga sebagai sarana latihan untuk menghadapi serangan yang tak terduga atau mengambil sudut pandangan sebagai peretas. 


Blind Testing

Sudut pandang yang diambil dalam pengujian ini adalah sebagai tim keamanan yang sudah memahami akan terjadi peretasan atau penyerangan. Pada Blind testing ini pihak tester mencoba melakukan uji penyerangan dengan hanya menggunakan nama perusahaan, yayasan atau lembaga yang sudah ditargetkan. Jenis tes ini biasanya menggunakan biaya cukup besar karena waktu yang digunakan juga cukup lama.



Double-Blind Testing

Pengujian Double-Blind Testing ini adalah untuk memastikan bahwa sistem tahan menghadapi serangan apapun. Bentuk pengujian ini berbeda dengan blind Testing yang sudah diketahui akan ada penyerangan, yang ini justru sebaliknya yakni di uji kepada para karyawan keamanan yang sama sekali tidak mengetahui akan menghadapi penyerangan tersebut. 



🔵Untuk memastikan bahwa pengujian. Sudah dilakukan dengan benar pada penerapan Penetration Testing aplikasi mobile ini, perlu dilakukan juga pendekatan pengujian untuk memastikan bahwa penerapan Penetration Testing ini sudah dilaksanakan dengan tepat, yakni sebagai berikut:


  • White Box Testing -->Pada pengujian ini, pihak tester justru akan menemukan identitas sistem atau target sebelum melakukan Penetration Testing seperti alamat IP, diagram infrastruktur jaringan, kode sumber aplikasi yang digunakan dan lainnya. Sehingga, White box testing untuk mengingatkan bahwa penerapan Penetration Testing ini harus dilakukan secara berkala, tepat dan teratur untuk mewaspadai terjadinya kebobolan yang diakibatkan oleh serangan cyber yang bisa terjadi kapanpun.
  • Black Box Testing --> pengujian ini menggunakan aplikasi seperti 🔳Kotak Hitam🔳 dan melakukan mengeksploitasi kerentanan berdasarkan perilaku dan interaksi aplikasi. Berbeda dengan White box testing, pengujian ini dilakukan tanpa mengetahui kode sumber aplikasi secara mendalam.
  • Grey Box Testing --> bentuk pengujian ini merupakan perpaduan antara Black Box Testing dan White box testing. 
  • Automated Testing --> sesuai namanya, pengujian ini dilakukan secara otomatis yakni menggunakan alat dan skrip otomatis untuk mengidentifikasi kerentanan. 



______
🔴Dalam melakukan pengujian pada tindakan Penetration Testing pada aplikasi mobile ini, ada pula metode pengujian yang  biasa dilakukan pada penerapan Penetration Testing aplikasi mobile terutama metode pengujian oleh jasa layanan Penetration Testing by Widya Security yakni sebagai berikut:

  1. OWASP Mobile Application Security Testing (MAST)--> sebagai panduan umum dan lengkap tentang langkah-langkah dalam mengidentifikasi kerentanan pada aplikasi mobile.
  2. OWASP Mobile Security Testing Guide (MSTG)--> sebagai panduan berupa teknis, alat dan skenario peretasan.
  3. Penetration Testing Execution Standard (PTES)--> sebagai panduan profesional keamanan aplikasi mobile, mulai dari tahapan hingga laporan hasil akhir.



Strategi meningkatkan keamanan data pada Aplikasi Mobile dengan Penetration Testing 


Strategi meningkatkan keamanan data pada Aplikasi Mobile dengan Penetration Testing
Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan saat membuat strategi guna meningkatkan keamanan data pada aplikasi mobile dengan Penetration Testing. Strategi ini diperlukan agar dalam menciptakan keamanan data pada aplikasi mobile dengan Penetration Testing ini dilakukan dengan cara yang lebih tepat dan bijak.


Dikutip dari Widya Security disebutkan ada 7 langkah dalam melakuakn strategi efektif membuat Penetration Testing yakni sebagai berikut:


  1. Pemahaman mendalam tentang sistem dan jaringan -- sebagai langkah utama dalam melakukan Penetration Testing memiliki pemahaman ini cukup penting seperti masalah pemahaman sistem, jaringan, dan aplikasi yang digunakan, sehingga tim pentest dapat mengidentifikasi potensi celah keamanan sistem.
  2. Melibatkan Pentester yang Profesional -- pentester profesional biasanya yang lebih berpengalaman dan handal dibidangnya. Dalam bagian ini akan melibatkan Kolaborasi antara red team dan blue team yang profesional dapat menghasilkan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai potensi ancaman dan kerentanan sistem.
  3. Menggunakan Penetration Testing dengan Standar Internasional -- memang jika membutuhkan layanan Pentest adalah lebih baik menggunakan yang berstandar Internasional, guna akan memberi hasil maksimal dan berkualitas. Sebaiknya Perusahaan dihimbau untuk memilih jasa layanan pentest yang sudah memiliki standar internasional seperti ISO 27001 dan NIST untuk efektivitas perlindungan keamanan cyber.
  4. Alat dan Laboratorium yang Memadai -- alat dan laboratorium ini memiliki peranan yang sangat mempengaruhi layanan Pentest. Pentest yang efektif memerlukan kombinasi keterampilan manusia dan dukungan teknologi yang handal agar dapat meningkatkan keberhasilan pentest.
  5. Pemantauan dan Analisis Real-time -- ada alasan kenapa perlu melakukan pemantauan dan analis secara Real-time saya melakukan Pentest, yakni guna kemampuan merespons secara cepat terhadap serangan cyber yang terdeteksi, dapat meminimalkan risiko dan memberikan umpan balik untuk melakukan pemulihan sistem.
  6. Penilaian Risiko Secara Rinci -- penilaian risiko sebelum melakukan Penetration Testing ini memang sangat diperlukan agar pihak tester dapat melakukan indentifikasi terlebih dahulu area dan risiko yang rentan oleh serangan dan peretasan. Sehingga Perusahaan dapat menetapkan prioritas perlindungan sistem, dan memastikan bahwa upaya perlindungan fokus pada aset perusahaan yang krusial.
  7. Melakukan Cyber Security Training -- pentingnya melakukan training terlebih dahulu kepada tim IT perusahaan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran awal dan keamanan karyawan mengenai ancaman cyber dan membantu mencegah serangan cyber.

Jika dipahami secara mendalam, ke-7 langkah strategi tersebut untuk dilaksanakan sebelum melakukan Penetration Testing ini dirasa sebagai bentuk strategi yang bijak dan efektif dalam menciptakan keamanan data pada aplikasi mobile dengan Penetration Testing. 

Dari total 7 hal tentang strategi tersebut saya kembali mengingat tentang keunggulan Widya Security yang komplit dapat memenuhi 7 hal tersebut yakni sebagai berikut:


pemahaman mendalam tentang sistem dan jaringan

Dengan Widya Security, tidak perlu ragu bagaimana cara melakukan pemahaman tentang masalah sistem dan jaringan tersebut. Sebab, dengan Widya Security bisa diajarkan semuanya. Yakni tentang mempelajari tentang sistem dan jaringan tersebut bisa menggunakan layanan dari Widya Security yakni Cyber Security Academy



Melibatkan Pentester Profesional

Widya Security adalah Pentester profesional sebagai perusahaan penyedia layanan Penetration Testing yang berbasis di Jogja ini memiliki para Pentester handal, profesional serta berpengalaman lebih dari 10 tahun.


Menggunakan Pentest dengan Standar Internasional

Widya Security sebagai perusahaan yang berdedikasi langsung jasa Pentest yang bisa diandalkan dengan Pengujian terbaik sebagaimana ditentukan oleh Panduan Metodologi Pengujian Keamanan Sumber Terbuka (OSSTMM) ISECOM dan Proyek Keamanan Aplikasi Web Terbuka (OWASP).

Widya Security juga sudah tidak dapat diragukan lagi yakni telah tersertifikasi standar Internasional  serta memenuhi syarat memiliki standar internasional seperti ISO 27001 dan NIST untuk efektivitas perlindungan keamanan cyber.


Pemantauan dan Analis secara Real-time

Widya Security juga memiliki layanan dan produk untuk melakukan analisa data terhadap serangan siber yang sering terjadi. Atau bisa dengan menggunakan salah satu layanan Widya Security seperti Cyber Security Analytic.


Penilaian Resiko Secara Rinci

Sebelum melakukan Penetration Testing, melakukan penilaian Resiko secara rinci ini sangat diperlukan. Terutama agar dapat melakukan identifikasi dan menemukan celah yang rentan akan serangan. Di Widya Security juga memiliki layanan penting ini seperti layanan Cyber Security Consulting and Advisory.


Melakukan Cyber Training

Cyber training memang sangat diperlukan untuk kesadaran keamanan karyawan mengenai ancaman cyber dan membantu mencegah serangan cyber. Widya Security juga memiliki layanan yang disebut Cyber Security Training.


Saat ini, Widya Security bisa menjadi rekomendasi atau pilihan untuk jasa layanan Pentest terbaik terutama untuk menciptakan keamanan data pada aplikasi mobile dengan Penetration Testing. 

Sebab, melakukan Penetration Testing ini memang membutuhkan Pentester yang ahli dan berpengalaman serta terpercaya. Biaya untuk melakukan Pentest juga bisa dibilang tidak sedikit, sehingga perlu untuk mencari jasa atau layanan yang berkompeten terutama menghadapi serangan cyber yang berbahaya.


____________________________

Pentest terutama pada aplikasi mobile memang sangat diperlukan, selain itu juga perlu dilakukan secara berkala. Hal ini guna untuk tetap melindungi sistem dari serangan cyber yang bisa datang kapan saja. Selain itu, berkaitan dengan layanan Security cyber ini Widya Security juga bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Widya Security menawarkan penilaian keamanan informasi secara komprehensif untuk memenuhi kebutuhan keamanan informasi dan layanan pembelajaran untuk meningkatkan technical & soft skill terutama di bidang cyber security, yang dipersembahkan untuk Pemerintah, Akademik dan Perusahaan.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*