Puasa Ramadhan 2024 tanggal berapa? Ini Jawabannya

Khafifa Alqut
0
Jadwal puasa ramadhan tahun 2024 ini tanggal berapa jatuh pada bulan Maret tanggal 9 Maret 2024
Photo by: Mohamed_Hassan


Kapan tanggal puasa ramadhan untuk tahun 2024?

Pertanyaan ini mungkin saja terbayang oleh kita umat Muslim setelah masuk pada tahun baru di 2024.

Meskipun sebenarnya saat kita membeli kalender baru tahun 2024, itu sudah lengkap dengan kapan waktu atau tanggal perayaan hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. 

Harusnya setelah melihat itu, kita sudah dapat memprediksi kira-kira tanggal jatuhnya bulan puasa ramadhan pada tanggal berapa. 

Yakni dihitung sejak satu bulan sebelum hari raya Idul Fitri tiba atau sekitar 29-30 hari sebelum jatuhnya tanggal 1 Hijriah dalam penanggalan Islam.

Hanya saja, di era digital kita kadang sudah tak terbiasa atau jarang untuk melihat kalender manual dirumah. Yang ada, searching, atau cek Google deh lebih tepat dan pas untuk mengetahui jadwal dan event apapun pada setiap tanggal tertentu.

Bahkan secara otomatis untuk sekedar mengetahui tanggal biasa, sudah ada di tampilan beranda layar smartphone kita kan?

Kalau anak-anak pelajar tahun 90-2000an, sangat penasaran dengan tanggal jatuhnya penentuan bulan puasa ramadhan, karena biasanya di bulan ini selalu ada liburan panjang.

Kalau sekarang mungkin beda lagi ya, hehe..



Tanggal Puasa Ramadhan 2024


Jika dilihat dalam kalender Islam, 1 Hijriah kemungkinan akan jatuh pada tanggal 11 April 2024. Namun, tanggal ini hanya perkiraan saja.

Sebab, biasanya dalam menentukan tanggal jatuhnya 1 Hijriah sebagai penentuan hari raya Idul Fitri umat muslim itu akan melewati beberapa tahapan seperti pemantauan hilal hingga sidang isbat sebagai penentuan.

Tetapi biasanya tidak akan jauh melenceng pada tanggal yang sudah diperkirakan sebelumnya yakni 11 April 2024. Artinya mungkin saja tanggal 10, 11 atau 12 April 2024 nanti.

Sedangkan bulan puasa ramadhan adalah sudah pasti akan kita lalui sepanjang bulan Maret 2024 ini.

Oleh sebab itu, kapan tanggal puasa ramadhan 2024 tiba? Yaitu sekitar tanggal 11-12 Maret 2024. Sedangkan kemungkinan terbesarnya puasa ramadhan 2024 ini tiba adalah tanggal 9 Maret 2024.

Nah sudah tahu kan, kapan jadwal bulan puasa ramadhan tahun 2024?



Poin Penting Mengetahui Jadwal Bulan Puasa Ramadhan 2024 tiba!


Ada beberapa alasan kenapa banyak orang sangat penasaran dengan kapan jatuhnya tanggal puasa ramadhan 2024 sekaligus kapan hari raya idul Fitri 2024 nanti.

Bahkan untuk mengetahui kapan jadwal jatuhnya bulan puasa ramadhan terkadang tidak hanya diperlukan bagi umat Muslim saja, tetapi juga non muslim. Kenapa?

Ada beberapa poin penting yang menjadi alasan mengetahui jadwal atau tanggal bulan puasa ramadhan dan hari raya Idul Fitri tiba yakni sebagai berikut:


  • Jadwal Puasa Ramadhan untuk  Mengetahui Hari Libur Panjang;
  • Menentukan. Jadwal mudik;
  • Kesempatan buka usaha dadakan seperti jualan takjil dan menu buka puasa;
  • Persiapan diri untuk menghadai bulan ramadhan;
  • Persiapan dana untuk menghadapi bulan Ramadan, seperti THR, liburan, belanja, dll.



Apa itu Puasa?


Pengertian puasa yaitu menahan lapar, dahaga serta hal-hal yang dapat membatalkan puasa mulai dari terbitnya matahari hingga terbenam nya matahari.

Puasa adalah salah satu syarat bagi umat Muslim dalam menjalankan ibadah. Tujuan nya adalah agar lebih meningkatkan lagi ketakwaan kita kepada Allah SWT. 

Puasa bagi umat Muslim ada dua macam, yakni puasa wajib dan puasa Sunnah.

Puasa Sunnah adalah puasa yang bila dikerjakan mendapat pahala, tidak dikerjakan pun tidak mendapat dosa. Puasa Sunnah ini ada beragam macam dengan berbagai ketentuan dan hari-hari boleh dilakukannya puasa Sunnah.

Sedangkan puasa wajib adalah puasa pada bulan ramadhan. Hanya ada setahun sekali dan hukumnya wajib. Bila ditinggalkan mendapat dosa, bila dikerjakan akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat.

Penentuan bulan puasa ramadhan ini ditetapkan setiap 1 ramadhan dalam kalender Islam. Nah, pada tahun ini di 2024 tanggal 1 Ramadhan akan jatuh pada tanggal 11 Maret 2024.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*