Cara Atasi Jerawat dengan 6 Bahan yang Ada di Rumah! Mudah dan Murah

Khafifa Alqut
0
Obat jerawat alami dengan bahan rumahan

Jerawat merupakan hal yang paling biasa terjadi pada kita terutama anak remaja dan usia dewasa. Meski wajar, munculnya jerawat di wajah bisa saja terasa mengganggu dan membuat orang merasa tidak percaya diri.

Oleh sebab itu, ketika jerawat ini muncul banyak orang yang mencari cara cepat untuk atasi jerawat ini. Seperti menggunakan krim, obat jerawat, ke dokter spesialis dan masih banyak lagi.

Padahal, soal jerawat yang terkesan menganggu ini bisa kita coba atasi dengan beberapa bahan yang gampang kita temukan di rumah. Selain itu, menggunakan bahan yang ada di rumah untuk atasi jerawat akan lebih mudah dan murah.


Mungkin ada juga yang bertanya:

Apakah cara atasi jerawat bisa dengan menggunakan bahan bahan yang mudah didapatkan di rumah?

Bahan apa saja yang ada di di rumah yang dapat digunakan untuk atasi jerawat dengan mudah?

Bagaimana cara atasi jerawat Dengan bahan yang ada di rumah?

dan masih banyak lagi.


Nah, berikut ini akan dijelaskan bahwa ada 6 bahan yang ada dirumah yang dapat digunakan untuk atasi jerawat dengan mudah dan murah!


Sebelum menjelaskan tentang cara mengatasi jerawat dengan mudah dan murah menggunakan 6 bahan yang ada di rumah. Penting pula untuk dijelaskan apa itu jerawat, dan kenapa bisa terjadi. Salah satunya dengan memahami pengertian jerawat terlebih dahulu.


Apa itu jerawat?

Jerawat adalah masalah pada kulit yang disebabkan oleh peradangan pada kelenjar pilosebasea yang akhirnya menimbulkan munculnya benjolan kecil yang terkadang disertai nanah.

Jerawat ini terjadi karena kulit mengalami masalah seperti folikel rambut pada kulit yang tersumbat. Misalnya karena sebum. Masalah pada sebum yang menyumbat pori-pori inilah yang menimbulkan peradangan pada kulit hingga muncul jerawat pada kulit kita.

**dikutip dari Halodoc tentang pengertian jerawat, menyebut bahwa Sebum adalah minyak yang membantu menjaga kulit agar tidak kering, dan sel kulit mati bisa menyumbat pori-pori. 

Namun tidak perlu khawatir, karena jerawat sebenarnya hal yang biasa di alami setiap orang. Tetapi, kita juga perlu tahu cara mengatasi jerawat ini karena sifatnya yang membuat kita tampil tidak percaya diri.

Meski begitu, adapula munculnya jerawat yang parah dan serius hingga butuh penanganan khusus dari dokter. Tetapi, merawat dan menjaga kulit wajah untuk mencegah dan atasi jerawat bisa juga dilakukan dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dirumah kita sendiri. Selain itu perawatan ini selain mudah juga murah.


Penyebab  dan faktor Munculnya Jerawat

Seperti dijelaskan di atas bahwa jerawat itu disebabkan oleh folikel rambut yang tersumbat. Namun ada beberapa hal-hal yang memicu terjadinya atau munculnya jerawat tersebut. Sebagai berikut:

  1. aktivitas hormon yang berlebihan, seperti saat seseorang mengalami masa pubertas atau dewasa dan juga perempuan dimasa menstruasi, atau 3 bulan pertama di masa kehamilan wanita.
  2. faktor genetik atau keturunan.
  3. stress dan gaya hidup.
  4. produksi sebum yang berlebihan.
  5. penggunaan kosmetik yang tidak cocok dengan kulit.
  6. Alergi makanan tertentu, atau pola makan yang tidak sehat.
  7. Konsumsi jenis obat-obatan tertentu.
  8. Kurang menjaga kebersihan kulit,
  9. Dan masih banyak lagi.

Ada banyak sekali faktor yang menjadi pemicu munculnya jerawat. Yang membuat sulit, jerawat tidak hanya membuat tidak percaya diri. Terkadang munculnya jerawat disertai dengan rasa gatal atau sakit. 

Sehingga, bila muncul jerawat maka perlu diatasi segera mungkin. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah didapatkan di rumah.

Berikut adalah 6 bahan-bahan yang mudah didapatkan dirumah untuk mengatasi jerawat!



6 Bahan yang dapat Digunakan untuk Atasi Jerawat dengan Mudah


Jerawat itu tidak hanya muncul atau tumbuh pada bagian muka, tetapi juga ditempat lain di badan seperti di punggung, lengan, dada, bahu atau dimana saja bagian tubuh yang memiliki folikel rambut yang tersumbat karena kotoran atau produk minyak yang berlebihan sehingga menimbulkan peradangan pada kulit kita.

Untuk mengatasi jerawat dengan bahan yang mudah sekaligus murah bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami yang ada dirumah.

Menggunakan bahan yang dan dirumah untuk mengatasi jerawat bisa dibilang langkah yang cukup mudah sebab beberapa bahan tersebut adalah hal yang cukup ada tersedia dan biasa ada dirumah. Yakni sebagai berikut:


1. Atasi jerawat dengan menggunakan air bekas cuci beras

Air bekas cuci beras atau disebut juga sebagai air Leri adalah limbah yang biasa terbuang namun ternyata diketahui mampu mengatasi masalah kulit seperti jerawat.

Air bekas cuci beras merupakan bahan yang ada dirumah dan pasti selalu ada dirumah. Sebab, jika kita mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok maka sudah pasti juga air bekas cuci beras ini juga bisa kita temukan di rumah dengan mudah.

Nah, pada saat mencuci beras untuk memasak nasi ada baiknya air bekas cuci beras ini tidak dibuang, karena diketahui khasiatnya yang baik untuk merawat kulit termasuk dengan mengatasi jerawat.

Diketahui bahwa air Leri atau air bekas mencuci beras ini mengandung nutrisi tinggi seperti antioksidan seperti vitamin E, mineral (gula, selulosa, hemiselulosa, glutein), vitamin B dan inositol dimana kandungan tersbeut memiliki khasiat untuk merawat kulit termasuk atasi jerawat.

Cara penggunaannya simpel, air bekas cuci beras ini bisa langsung digunakan untuk mencuci muka atau diracik menjadi masker bersama susu dan bahan lainnya yang memiliki efek bagus untuk atasi jerawat.




2. Atasi Jerawat dengan Menggunakan Putih Telur dan Lemon

Atasi jerawat dengan menggunakan bahan rumahan seperti putih telur juga termasuk bahan yang mudah dan murah didapatkan.

Putih telur diketahui memiliki kandungan lisosom yang memiliki kemampuan membunuh bakteri penyebab jerawat. Manfaat lain dari putih telur adalah dapat mengatasi kerutan pada kulit wajah dan menjaga tekstur kulit tetap lembut.

Disamping itu, cara penggunaan putih telur untuk mengatasi jerawat adalah dicampur dengan perasaan lemon, bisa juga ditambahkan dengan madu. Jika tidak pun tidak apa-apa.

Khasiat dari campuran putih telur dan perasaan lemon ini selain membunuh bakteri penyebab jerawat juga dapat membuat bisul jerawat kempes lebih cepat.



3. Atasi jerawat dengan bahan rumahan seperti Bawang Putih 

Bawang putih adalah satu bahan bumbu yang biasa ada dirumah terutama di dapur. Olahan makanan yang dicampur dengan bawang putih membuat cita rasa makanan terasa lebih khas dan gurih.

Selain bahan untuk bumbu masakan, bawang putih juga dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesejahteraan tubuh termasuk dengan mengatasi jerawat.

Bawang putih ini diketahui memiliki kandungan antibakteri, antiinflamasi dan antioksidan. Kandungan inilah yang membuat bawang putih dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit terutama atasi kulit melawan jerawat.

Cara penggunaannya yakni cukup haluskan beberapa butir bawang putih, lalu oleskan kebagian wajah seperti masker dan diamkan beberapa saat. Setelah itu cuci muka dengan air bersih.



4. Merawat dan Atasi Kulit Wajah dari Jerawat dengan Masker Madu

Madu juga memiliki khasiat merawat kulit muka termasuk atasi jerawat. Bagaimana cara menggunakannya adalah dengan membuatnya seperti masker di wajah.

Oleskan madu pada kulit wajah, diamkan beberapa saat lalu bersihkan atau cuci muka hingga bersih. Lakukan secara rutin agar bisa mendapatkan manfaatnya.

Atau bisa juga, madu dicampur dengan perasaan lemon untuk hasil yang lebih baik dalam Merawat kulit terutama mengatasi masalah jerawat.

Madu memiliki kandungan enzim glucose oxidase, flavonoid dan asam fenolat. Dimana kandungan ini memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat.



5. Tomat juga merupakan bahan dirumah yang mampu atasi jerawat 

Ada banyak sekali bahan-bahan yang ada dirumah yang dapat digunakan untuk merawat kulit termasuk atasi jerawat.

Selain bawang putih, madu dan lemon, ternyata buah tomat juga diketahui dapat digunakan untuk atasi jerawat dengan mudah.

Tomat juga merupakan salah satu bahan yang biasa kita temukan dirumah. Selain dapat diolah sebagai masakan yang enak, tomat juga memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh termasuk merawat kulit dan jerawat karena kandungan yang dimilikinya.

Tomat diketahui memiliki kandungan flavonoid dan penting yang bersifat antioksidan. Sehingga dapat digunakan untuk membantu merawat kulit seperti mengangkat sel kulit mati, dan menjaga kelembapan kulit.

Bukan hanya itu, tomat juga memiliki sifat astringen yang berfungsi mengontrol minyak berlebihan penyebab utama jerawat serta menjaga pH kulit.

Cara menggunakan tomat sebagai bahan untuk atasi jerawat adalah dengan menghaluskannya lalu gunakan sebagai toner alami pada wajah. 


6. Merawat kulit Wajah dari Jerawat dengan Menggunakan buah Timun/Mentimun

Buah timun atau mentimun adalah salah satu buah yang tidak sulit ditemukan juga. Sama seperti bahan lain, timun juga biasa dan sering kita jumpai dirumah. Misalnya seperti lalapan dan bahan penyegar dalam makanan.

Sama seperti tomat, timun juga diketahui memiliki sifat astringen yang dapat mengontrol minyak berlebihan pada kulit wajah sehingga dapat mencegah munculnya jerawat.

Timun atau mentimun diketahu mengandung banyak vitamin seperti vitamin C dan A, mineral, flavonoid, asam kafeik, dan lainnya sehingga banyak sekali memiliki khasiat pada perawatan kulit dan wajah seperti mencegah penuaan dini, mengatasi mata panda, melembabkan kulit, mencegah iritasi, dan masih banyak lagi termasuk dengan mengatasi jerawat.



Itulah 6 bahan yang ada dirumah yang bisa digunakan untuk atasi atau obati jerawat dengan mudah juga dengan biaya yang cukup murah pastinya.

Selain itu, mengatasi jerawat dengan 6 bahan ini adalah bahan alami yang gampang ditemukan seperti di dapur rumah kita. Meskipun sebenarnya selain 6 bahan ini,masih ada banyak bahan lain dirumah yang dapat digunakan untuk atasi jerawat. Namun, 6 bahan yang dijelaskan diatas untuk obat atau atasi jerawat alami sebagai bahan paling umum yang paling sering kita temukan dengan mudah dimanapun.



Menggunakan Bahan yang mudah dan murah

Mengatasi jerawat dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah sudah pasti bahan-bahan tersebut mudah untuk di dapat, selain itu juga dengan harga yang relatif murah dibanding dengan harus membeli kemasan khusus untuk obat jerawat.

Namun demikian tetap ada kelebihan dan kekurangan yang didapatkan dengan merawat dan atasi jerawat menggunakan bahan-bahan dari rumah ini.

Misalnya ,salah satu kelebihan menggunakan bahan-bahan yanga dan di rumah untuk mengatasi jerawat seperti melakukan perawatan yang alami, murah dan mudah didapat.

Kekurangannya menggunakan bahan-bahan dari rumah untuk mengatasi jerawat adSalah repot dan tidak praktis.

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*