Lirik lagu Wakatobi Wauri lengkap maknanya

Khafifa Alqut
0

 

Lagu Wauri adalah salah satu lagu daerah Wakatobi. Lagu ini diciptakan oleh La Ode Kamaluddin. Lagu ini bernuansa banti-banti (lagu tradisional Wakatobi), namun dipadukan dengan iringan musik joget khas Wakatobi. Berdasarkan asal maknanya, lagu Wauri ini adalah nama seekor burung Nuri Betina yang diibaratkan untuk seorang gadis yang sedang dirindukan kehadirannya. Jika dimaknai secara suku kata, yakni “Wa” dan “Uri”. Kata “Wa” adalah sapaan untuk orang yang berjenis kelamin perempuan bagi orang buton dan Wakatobi. Sedangkan, kata “Uri” adalah nama sebutan untuk Burung Nuri dalam bahasa daerah Wakatobi.   Lagu Wauri ini juga merupakan salah satu lagu joget Wakatobi yang cukup popular. Karena irama yang dipadukan sangat cocok mengiringi jenis joget khas Wakatobi yakni joget Maju-Mundur. Secara umum, lagu ini juga bermakna tentang lagu kerinduan.
sumber: RyanMcGuire

Lagu Wauri adalah salah satu lagu daerah Wakatobi yang populer disana. Lagu ini diciptakan oleh La Ode Kamaluddin. Lagu ini bernuansa banti-banti (lagu tradisional Wakatobi), namun dipadukan dengan iringan musik joget khas Wakatobi. 


Salah satu lagu daerah Wakatobi yakni Wauri ini juga seringkali menghiasi panggung acara, pesta, acara joget di Wakatobi.


Makna Lagu Daerah Wakatobi "Wauri"


Berdasarkan asal maknanya, lagu Wauri ini adalah nama seekor burung Nuri Betina yang diibaratkan untuk seorang gadis yang sedang dirindukan kehadirannya. 

Jika dimaknai secara suku kata, yakni “Wa” dan “Uri”. Kata “Wa” adalah sapaan untuk wanita atau perempuan bagi orang buton dan Wakatobi. Sedangkan, kata “Uri” adalah nama sebutan untuk Burung Nuri dalam bahasa daerah Wakatobi.

Jadi kata Wauri adalah simbolis sebagai istilah atau perumpamaan terhadap seorang gadis atau wanita, begitupun yang dimaksud dalam lagu ini.

Secara garis besar, makna lagu ini adalah tentang kerinduan. Seseorang yang sangat dinantikan kembali kehadirannya. Seorang wanita yang pernah di temui lalu jatuh cinta, ingin bertemu kembali. 

Namun faktanya, terdengar kabar pula bahwa wanita yang dicari sedang justru dicurigai mungkin telah "mengidam" /sakit/ditimpa masalah kesehatan dan lainnya.


Sebenarnya, untuk mengartikan lagu ini secara spesifik mungkin agak sulit karena setiap orang pasti memiliki sudut pandang yang berbeda-beda. Dalam hal lain lagu Wauri ini juga dapat memberi pesan kepada kita tentang:

  • Cinta memang perlu perjuangan, namun yang utama adalah menyatakan dan jangan menunggu sebelum sesuatu yang digenggam harus lepas dan entah kemana.
  • Tidak ada cinta yang abadi, sesuatu boleh saja lepas, sesuatu boleh saja hilang. Tugas kita adalah mempertahankan apa yang menjadi milik kita.
  • Kepastian dalam hubungan itu sangat penting. Mengagumi tanpa mengungkapkan itu sia-sia.


Lirik lagu Wakatobi Wauri


Wauri

Cipt. La Ode Kamaluddin

Wauri nulola diumpa.. pasi ku itako di ponda

(2x)

Leamamo anne numai, Ta annai ku samaamo 2x


Na baa nu tumpu larosu, ku mai anne kei ko’o 2x

Topo awa di manari’a.., tabeda pakanta moga’a 2x

Kuroda te sallu sallunto, ku konimo mpe’e mpe’esassu 2x

Suruku mai layi ana, kurondongo nu sodo sodo 2x


Paka te sodo sodo nu lele

Kamba te sodo sodo monimpala

2x

 

,,,

Kurondongo nu sodo sodo, Kene nu manga mpili pili

2x

 

Lajandi annemo kehia, tamo awa tumpu nu laro 2x

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*