Google Hapus Gmail Permanen! Cek akunmu, Jangan Ketar-Ketir dulu

Khafifa Alqut
0

Bicara tentang Google dan hubungannya dengan gadget memang sangat luar biasa. Salah satunya kegunaan mengakses informasi lebih cepat dengan Google serta banyak sekali fitur unggulan lainnya yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari.

Bahkan, sepertinya hampir sepenuhnya informasi yang diakses di internet akan berkaitan dengan Google, termasuk dengan berbagai layanan, aplikasi, dll. Oleh sebab itu hampir semua orang pengguna gadget sepertinya memiliki akun google.


Informasi tentang Google akan menghapus akun Gmail apakah benar, sebelumnya ini alasan pihak Google akan menghapus akun Gmail. Apakah akan dihapus secara permanen atau tidak. Pemilik aku Gmail jangan Ketar-Ketir dulu sebelum di cek akun Gmail terlebih dahulu ya
Ilustrasi akun Gmail. By Magica/Pixabay


Sebagai fungsinya, akun google ini dapat berfungsi sebagai alat otentifikasi, registrasi, dan menerima layanan aplikasi, media penyimpanan data, kontak, dan lainnya.

Salah satunya anda pasti mengenal Gmail. Gmail adalah akun google yang berfungsi sebagai login utama google yang terdiri dari satu alamat email dan satu kata sandi.

Dalam akun Gmail ada banyak sekali manfaat seperti layanan untuk mengirim dan menerima pesan. Dapat berupa file, data, gambar, audio maupun vidio. Selain itu ada banyak sekali manfaat dari Gmail termasuk untuk kepentingan perorangan maupun bisnis, menyimpan data, file, dan lain sebagainya.

Untuk itu, banyak pula yang menggunakan akun Gmail dan merasakan banyak manfaat dan kegunaan pentingnya. Sehingga, tidak salah jika banyak yang Ketar-Ketir setelah mendengar kabar baru-baru ini Google akan hapus akun Gmail secara permanen.


Fakta Google hapus Akun Gmail! Ini Alasannya 


Dikutip dari Viva.co.id tentang kabar Gmail ucapkan selamat tinggal bahwa ternyata benar pihak google telah mengumumkan tentang akun google Gmail akan dihapus. Namun, ternyata tidak semua akun Gmail ini dihapus. 

Melainkan ada beberapa kriteria yang termasuk dalam kategori di hapus atau tidak. Nah bisa jadi, salah satu akun Gmail anda juga ikut terhapus. Jadi setelah baca berita ini, anda bisa cek langsung akun Gmail anda masih aktif atau tidak.

Dikutip dari Kompas.com - jumat besok google mulai hapus akun gmail, youtube-dkk-yang-lama-tak-aktif ini diketahui bahwa bukan hanya aku Gmail tapi juga akun gmail yang digunakan untuk mengakses YouTube dan lainnya akan dihapus secara permanen.


Fakta Google hapus gmail ini alasannya ternyata untuk menjamin keamanan data yang mungkin saja dapat disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab
Ilustrasi Gmail by Ilustrationfiles/Pixabay


Namun yang termasuk dalam kategori dihapus adalah baik akun Gmail, YouTube dan lainnya adalah akun-akun yang sudah lama tidak aktif dan tidak digunakan lagi oleh penggunanya.

Diketahui bahwa pihak Google akan menghapus akun Gmail yang sudah tidak digunakan lagi atau setidaknya selama 2 tahun terkahir ini terhitung sejak Tanggal 1 Desember kemarin.

Sebenarnya informasi ini sudah disampaikan pihak Google sebelumnya pada bulan Mei kemarin dan puncaknya adalah tanggal 1 Desember kemarin telah diputuskan bahwa akun Gmail yang sudah lama nonaktif oleh pengguna atau bahkan tidak pernah digunakan lagi sama sekali akan dihapus permanen.

Pihak Google juga menjelaskan bahwa melakukan langkah ini mereka cukup berhati-hati, oleh sebab itu sebelum melakukan tindakan penghapusan maka akan diberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada pengguna. Selanjutnya, mereka akan melakukan tindakan ini secara bertahap.

Hal ini dilakukan justru mengingat perihal keamanan. Karena akun Gmail yang tidak aktif bisa saja dibobol atau digunakan lagi oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Misalnya saja nih. Biasanya pihak Google menemukan seseorang tetap menggunakan kata sandi yang sama pada akun Gmail-nya yang baru dan tidak melakukan autentikasi dua faktor. Hal ini bisa saja memicu kebobolan data, terkena phising, pembajakan, dan masih banyak lagi.

Sehingga, demi keamanan tersebutlah pihak Google akan menghapus permanen untuk semua akun google yang sudah tidak terpakai lagi, minimal sejak dua tahun kemarin.

Tetapi, tidak perlu Ketar-Ketir bahwa mungkin saja akun Gmail anda termasuk yang akan dihapus. Sebab, selama anda masih tetap aktif menggunakannya seperti mengakses google foto, aktif menggunakan Gmail anda dan lainnya maka tidak perlu khawatir karena tidak akan dihapus.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*