5 Tips Merawat Baterai HP Tetap Maksimal & Awet

Khafifa Alqut
0

Tentang cara merawat HP atau smartphone termasuk dengan baterainya banyak orang yang menganggapnya sepele, padahal mengabaikan beberapa poin penting dalam tips merawat baterai Hp dengan bijak ini dapat membuat kinerja baterai tidak maksimal dan awet. 


Tips untuk memelihara atau rawat baterai agar awet dan maksimal


Selain itu, kerusakan pada baterai di Hp atau smartphone juga dapat menimbulkan kemungkinan kerusakan pada bagian lainnya di smartphone kita seperti CPU, dan lainnya.

Kapasitas atau kemampuan baterai Hp pada setiap merek dan tipe smartphone berbeda-beda, tetapi kita sebenarnya memiliki kewajiban untuk menjaga kualitas baterai Hp kita tetap maksimal dan awet. Kenapa?


Karena anda pasti akan merasa rugi sendiri jika baterai Hp pada smartphone yang belum lama anda beli mengalami penurunan kualitas kurang maksimal atau awet lagi.


Padahal, itu semua bisa saja kembali kepada cara kita merawat baterai smartphone kita sendiri seperti apa dan bagaimana.


Layaknya sebuah barang, awet atau tidaknya akan tergantung kepada cara kita memeliharanya. Sama juga dengan baterai Hp atau smartphone yang kita miliki. 

Bagaimana tips agar baterai Hp tetap awet dan maksimal?


Cara Kerja Baterai Hp atau Smartphone


Pada umumnya baterai yang digunakan untuk Hp atau smartphone adalah jenis lithium-ion biasanya memiliki oksida katoda yang terbuat dari kobalt, nikel, mangan atau besi campuran. 

Dikutip dari CNNIndonesia.com menjelaskan tentang cara kerja sebuah baterai litium untuk smartphone pada umumnya yakni:


Ketika sebuah ponsel pintar dihubungkan dengan pengisi daya, listrik yang masuk ke baterai mentransfer elektron dari anoda ke katoda. Saat di-charge, baterai akan menghasilkan listrik dari elektron yang bergerak di dalam sirkuit ke anoda, dan akan terus berlangsung sampai semua elektron yang terkandung di dalam baterai telah ditransfer ke anoda atau pengisian daya dihentikan.

Ion lithium bermuatan positif bergerak melalui elektrolit dari anoda ke katoda yang menggerakkan elektron melalui ponsel untuk memenuhi kebutuhan daya dari ponsel, dan lalu kembali ke anoda.


________


Untuk dipahami bahwa, sebuah baterai pada hp atau smartphone hanya berkekuatan sesuai ukuran komponen kimia yang ada didalamnya. Jika membutuhkan sebuah smartphone dengan kemampuan baterai yang besar, maka ukuran baterainya pun harus besar.


Selain itu, kekuatan daya baterai seiring berjalannya waktu untuk sebuah hp atau smartphone yang digunakan terus-menerus tidak akan selamanya konstan dengan kekuatan yang sama. Pasti akan berkurang terlebih dengan cara memelihara smartphone yang tidak tepat dan merugikan daya baterainya.



Ini Tips atau cara rawat Baterai Hp/Smartphone


Sebagai alat untuk menyimpan energi listrik, baterai juga sangat perlu untuk di rawat dengan baik. Terutama, fungsi baterai pada hp atau smartphone. Berikut ini adalah tips untuk merawat baterai hp atau smartphone agar tetap maksimal dan awet, yakni sebagai berikut:


1. Jangan mengecas hp sampai penuh

Kebanyakan orang memiliki pandangan bahwa dalam mengecas hp atau smartphone mereka harus penuh 100% Untuk memaksimalkan daya baterai. Padahal sejatinya, cas hp cukup sampai 90 atau 80% saja.


2. Cas hp dibawah daya 50%

Kalau daya baterai hp atau smartphone anda masih diatas 50% sebaiknya jangan terlalu terburu-buru untuk mengecas ya lagi hingga penuh. Usahakan setidaknya daya baterai sudah <50


3. Jangan Cas sambil main hp

Perilaku ini memang sangat tidak dianjurkan jika ingin membuat baterai hp awet dan tahan lama. Mengecas baterai sambil main atau menggunakan hp akan membuat baterai bekerja ekstra dan panas sehingga dapat mengurangi kemampuan baterai menjadi menurun atau rusak.


4. Jangan di cas semalaman

Ada perilaku yang sangat tidak baik kepada beberapa orang pengguna hp atau smartphone yakni sering mengecas hp semalaman. Padahal cara ini juga tidak dibenarkan untuk menjaga kapasitas baterai Hp agar tetap awet dan maksimal.

Membiarkan baterai hp berada diantara 99%-100% semalaman akan membuat baterai hp cepat rusak dan tidak lagi bekerja maksimal.


5. Lepas sambungan cas hp jika listrik padam.

Jika sedang mengecas hp dan tiba-tiba mati lampu, maka jangan biarkan hp dengan charger-nya tetap terhubung dengan kontak listrik. Karena ini juga memiliki pengaruh buruk pada kualitas dan kapasitas baterai. 

Katanya, energi yang sebelumnya diterima oleh baterai dari listrik untuk disimpan akan diserap kembali oleh kontak charger dan membuat pengisian daya tidak maksimal dan terganggu.

__________

Agar Baterai HP tetap Awet dengan maksimal


Diatas sudah dijelaskan tentang 5 tips untuk menjaga agar Baterai HP tetap Awet dan maksimal. Itu artinya bergantung pada cara pemanfaatan kita menggunakan HP atau Smartphone yang kita miliki.

Memahami tipsnya juga kita perlu menerapkan agat baterai HP atau Smartphone kita tetap awet maksimal. 

Sebagai fungsinya, baterai bekerja dengan mengubah energi kimia energi listrik sehingga dapat digunakan kedalam sebuah perangkat seperti, HPA atau smartphone, laptop, tablet, dan lainnya. Sejatinya, baterai menjadi salah satu bahan penting yang memiliki peranan penting juga dalam kehidupan kita.

Coba dibayangkan, banyak benda disekitar kita yang sangat kita butuhkan dengan bantuan baterai seperti jam dinding, hp, laptop, mainan anak, senter,lampu dan berbagai benda lainnya. Artinya, baterai memiliki manfaat cukup besar dalam kehidupan manusia dalam hal ini berkaitan dengan penghasil energi dan penggerak.

Untuk baterai Hp atau smartphone, baterai memiliki 3 komponen penting seperti yaitu kutub negatif anoda, kutub positif katoda, dan elektrolit. Untuk perawatan yang kurang baik terhadap baterai hp ini bukan hanya menyebabkan baterai tidak berdaya maksimal atau awet tetapi juga dapat menyebabkan kebocoran pada baterai.

Sehingga beberapa poin diatas dapat memberi gambaran tentang cara atau tips dalam memelihara baterai Hp atau smartphone agar tetap awet dan maksimal.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*